Reformasi Birokrasi DPR Sudah Berjalan dengan Baik

11-04-2018 / REFORMASI BIROKRASI

Plt. Sekretaris Jenderal DPR RI Damayanti, foto : runi/hr

 

 

 

Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI sudah membentuk Tim Reformasi Birokrasi (RB) dari tahun 2012. Plt. Sekretaris Jenderal DPR RI Damayanti menilai, RB di DPR sudah berjalan dengan baik, walaupun ada beberapa catatan yang perlu ditindaklanjuti.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Maya, panggilan akrab Damayanti, dalam Rapat Koordinasi Sekretariat Jenderal DPR RI yang membahas Expose Laporan RB Tahun 2017 di Ruang Rapat Sekjen DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

 

“RB yang diketuai oleh Asep Ahmad Saefulloh ini sudah berjalan dengan baik dan kami memutuskan setiap hari Rabu setiap minggunya mengadakan rapat koordinasi. Ini merupakan salah satu langkah untuk perubahan pemikiran kita. Dengan adanya ini, kita bisa saling mengingatkan, menjaga dan lain sebagainya,” tambah Maya.

 

Adapun hasil laporannya, lanjut Maya, masih terdapat beberapa permasalahan. Permasalahan itu ada yang bersifat rutin, ada pula yang harus diselesaikan dengan terobosan baru. Tetapi secara keseluruhan, laporan ini sudah baik dan dapat meningkatkan tunjangan kinerja pegawai Setjen dan BK DPR RI.

 

Sedangkan Ketua RB Setjen DPR RI Asep Ahmad Saefulloh mengatakan, RB ini sudah berjalan hampir 7 tahun dan ada 8 area yang perlu dilakukan perubahan. Perubahan ini guna mengoptimalkan kinerja RB kedepannya. Menurutnya, secara umum pelaksanaan RB sudah 90 persen berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tetapi masih ada permasalahan yang dijumpai, misalnya SDM.

 

“Kita belum memiliki alat ukur tingkat kompetensi pegawai, seharusnya kita sudah memilikinya. Sehingga kita punya database untuk memudahkan melakukan promosi dan mutasi pegawai,” jelas Asep.

 

Kemudian, tambah Asep, terkait area pelayanan public. Ia menjelaskan, meskipun Setjen dan BK DPR RI sudah mempunyai pelayanan satu atap, namun baru sebatas seremonial. Namun secara keseluruhan, semua area sudah melakukan kinerja yang maksimal.

 

“Ini hasil sinergi dari berbagai unit yang ada di lingkungan Setjen dan BK DPR.  Bagaimana keberhasilan RB yang sudah dilaporkan tadi akan dinilai oleh MenPAN RB pada akhir bulan ini,” kata Asep. (cas/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Setjen dan BK DPR Upayakan Peningkatan Predikat RB dan SAKIP
25-09-2018 / REFORMASI BIROKRASI
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar memimpin Exit Meeting Hasil Evaluasi Sementara Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi...
Piagam Pengawasan Internal Bentuk Komitmen Tertinggi Pimpinan DPR
19-09-2018 / REFORMASI BIROKRASI
Inspektur Utama (Irtama) DPR RI Setyanta Nugraha menjelaskan bahwa Internal Audit Charter (IAC) atau Piagam Pengawasan Internal merupakan suatu kewajiban...
Setjen DPR Luncurkan Aturan Pengendalian Gratifikasi
19-09-2018 / REFORMASI BIROKRASI
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar baru saja menandatangani peraturan Sekretariat Jenderal DPR RI tentang pengendalian gratifikasi di lingkungan Sekretariat...
Tingkatkan Kinerja, Setjen DPR Gelar Rapat Koordinasi
18-07-2018 / REFORMASI BIROKRASI
Upaya meningkatkan kinerja pelayanan terus digalakkan oleh Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Guna memaksimalkan upaya itu, Setjen dan...