DPR Dukung Pemprov Sumsel Bangun Fakultas Kedokteran Terbaik

27-04-2018 / BADAN LEGISLASI

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Totok Daryanto bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin/Foto:Jaka/Iw

 

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Totok Daryanto mendukung rencana Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang akan membangun Fakultas Kedokteran tercanggih, termodern, dan fasilitas terlengkap se-Indonesia. Menurutnya, Gubernur Sumsel memiliki visi untuk membuat pendidikan yang sangat maju dibidang kesehatan.

 

“Kita harus  mendukung kepala daerah yang mempunyai visi seperti itu, dan nantinya ia juga ingin membangun rumah sakit dengan faslitas yang modern, tidak kalah dengan rumah sakit di Singapura. Kemudian, ia juga akan mendorong masyarakat Indonesia agar menggunakan jasa pelayanan RS di Indonesia,” kata Totok saat memimpin Kunjungan Kerja Baleg DPR RI rapat dengan Pemprov Sumsel dan stakeholder dibidang  kesehatan di Palembang, Sumsel, Kamis (26/4/2018).

 

Selain itu, kata Politisi PAN ini, ada masukan dari Gubernur Sumsel terkait kebijakan pemerintah yang ingin membuat sejumlah Perguruan Tinggi Kedokteran di wilayah timur Indonesia. Menurutnya, pemerintah harus berhati-hati terkait kebijakan ini, jangan sekedar untuk alasan mengatasi ketimpangan di Indonesia timur, malah memberikan solusi yang tidak tepat.

 

“Menurut saya lebih baik distribusi tenaga kerja dokter ke wilayah timur itu lebih tepat, karena dokter-dokter kita yang telah mengkuti pendidikan umumnya telah terverifikasi. Nah, kalau seandainya dibangun Perguruan Tinggi Kedokteran di wilayah timur dikhawatirkan banyak kelemahan dari segi fasilitas, pengajar dan lainnya,” pungkas Totok.

 

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, mengatakan, Pemprov Sumsel sendiri telah membangun RS milik pemda yang memiliki fasilitas tercanggih, termodern tapi tetap gratis untuk rakyat. Dan kedepannya, disebelah RS akan dibangun Fakultas Kedokteran Sriwijaya terbaik se-Indonesia.

 

“RS ini nantinya akan menjadi pitching hospital, barangkali kedepannya akan bisa bersaing dengan negara-negara lain, kami yakin Bangsa Indonesia ini kalau diberi kesempatan itu mampu. Saya juga berharap kepada DPR agar mendapat dukungan,” tutupnya. (jk/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU ASN Diharapkan Akan Diprioritaskan untuk Diselesaikan
30-10-2018 / BADAN LEGISLASI
Masalah keberadaan tenaga honorer dengan berbagai macam kategorinya di instansi-instansi pemerintah sangat diperlukan, baik di instansi pemerintahan pusat dan instansi...
Panja Baleg Laporkan Empat RUU Usulan Baru dalam Prolegnas RUU 2015-2019
29-10-2018 / BADAN LEGISLASI
Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI M. Sarmuji mewakili Ketua Panja Penyusunan Prolegnas RUU Prioritas 2019 menyampaikan laporan penyusunan Prolegnas...
UU KK Sangat Penting Karena Indonesia Banyak Jalur Perbatasan Tak Terkontrol
29-10-2018 / BADAN LEGISLASI
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Ledia Hanifa Amaliah menilai, Undang-undang tentang Kekarantinaan Kesehatan (UU KK) sangat penting karena Indonesia memilki...
Kalbar Jadi Garda Terdepan Implementasi UU Kekarantinaan Kesehatan
29-10-2018 / BADAN LEGISLASI
Anggota Tim Kunjungan Kerja Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa mengatakan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang...