Diperlukan Sinergitas Dalam Mengelola Pemberitaan

16-05-2018 / LAIN-LAIN
Kabag Metaksos Sekjen dan BK DPR RI Mohammad Djazuli menerima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kab. Bangka. Foto: Kresno/od

 

 

Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Mohammad Djazuli menjelaskan, perlu ada sinergi dalam mengelola pemberitaan di media. Derasnya pemberitaan di media massa disebut menjadi tantangan khususnya pada masing-masing unit kerja di sektor kementerian dan lembaga.

 

“Khusus di DPR RI, di bawah Biro Pemberitaan Parlemen terdapat Bagian Media Cetak dan Media Sosial (Medtaksos) yang bertugas mengelola pemberitaan di media cetak, media sosial dan website serta melaksanakan analisis media. Dalam menghadapi derasnya pemberitaan khususnya di DPR RI, ketiga bagian tersebut saling bersinergi dalam merespons isu dan informasi yang beredar secara luas di masyarakat,” jelas Djazuli saat menerima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, di ruang rapat Pansus B, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

 

Bagian Medtaksos yang terdiri atas Subbagian Media Cetak, Subbagian Media Sosial dan Website serta Subbagian Analisis Media sama-sama memiliki peran penting dalam memberikan informasi seputar isu dan kegiatan dewan.

 

“Subbagian Media Cetak rutin menerbitkan majalah dan buletin yang terbit 12 kali dalam setahun. Lalu Subbagian Media Sosial dan Website menyiarkan informasi kegiatan baik kegiatan Kesetjenan maupun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram resmi milik DPR RI. Sementara Subbagian Analisis Media bertugas melakukan analisis terhadap media cetak dan media siber, sehingga nantinya menghasilkan rekomendasi berita terkait isu yang beredar kemudian hasil dari rekomendasi tersebut diteruskan langsung kepada Pimpinan DPR RI,” ungkap Djazuli.

 

Djazuli menambahkan, dengan demikian informasi dan komunikasi di DPR RI bisa satu suara khususnya terkait kebijakan dan langkah-langkah yang diambil oleh DPR RI didalam menanggapi sebuah isu terhadap pemberitaan di media massa. “Sehingga nantinya masyarakat dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan informasi terhadap suatu kebijakan serta kinerja dari para anggota dewan,” imbuhnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemda Kabupaten Bangka Tedy Sudarsono menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan adalah dalam rangka menghimpun informasi terkait pengelolaan pemberitaan.

 

“Khususnya di bagian Humas DPRD Kabupaten Bangka ini seringkali terjadi masalah terkait pengelolaan media. Di DPRD sendiri tidak jarang merasa kesulitan dan terjadi diskomunikasi terhadap pemberitaan ketika suatu isu atau berita diturunkan. Maka dari itu Kami ingin belajar bagaimana pelaksanaan pemberitaannya sehingga nanti ke depan dapat dicarikan solusinya,” jelasnya.

 

Didampingi oleh Humas dan sejumlah Staf Kominfo Pemda Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung, dirinya mengaku senang dan berterima kasih atas penerimaan dan penjelasan informasi yang sudah diberikan. Sehingga nantinya diharapkan kinerja Humas DPRD Kabupaten Bangka ke depan bisa menjadi lebih baik lagi. (tra/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komentar Atas Artikel “Pemerintah Diminta Pastikan Ambil Alih FIR dari Singapura”
22-01-2019 / LAIN-LAIN
Saya merujuk pada artikel “Pemerintah Diminta Pastikan Ambil Alih FIR dari Singapura” yang diterbitkan di website Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)...
DWP Setjen DPR Akan Terus Bekerjasama dengan SPAK
18-01-2019 / LAIN-LAIN
Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Tanty Setya Nugraha memastikan pihaknya akan terus bekerjasama...
Silaturahmi PIA Tebarkan Kebaikan Berdonasi
16-01-2019 / LAIN-LAIN
Awal tahun 2019 menjadi ajang silaturahmi untuk mengingat apa yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan di tahun yang baru...
Nihayatul Wafiroh Dukung Revisi UU Perkawinan
09-01-2019 / LAIN-LAIN
Perkawinan anak merupakan salah satu masalah strategis dalam pembangunan di Indonesia. Tingginya angka perkawinan anak terjadi hampir di seluruh wilayah...