Komisi V Imbau Pengelola Soetta Antisipasi Penumpukan Kendaraan

08-06-2018 / KOMISI V

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo, foto : azka/hr

 

 

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengatakan, selama mudik Lebaran penumpang Bandara Soekarno Hatta (Soetta) harus mendapatkan rasa aman dan nyaman. TNI dan Polri harus mengadakan patroli jalan kaki, guna menyapa pengunjung dan mengawasi mereka agar menciptakan suasana yang kondusif.

 

“Kami mengimbau agar TNI dan Polri agar bisa melakukan tindakan preventif untuk pengamanan mudik Lebaran 2018 di Bandara Soekarno Hatta. Hal ini agar bisa menciptakan rasa aman bagi pemudik di Bandara Soekarno Hatta, karena bandara ini merupakan bandara yang mobilitas penumpangnya tinggi,” kata Sigit saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Bandara Soetta, Cengkareng, Banten, Kamis (8/6/2018).

 

Politisi PKS itu menambahkan, pihaknya juga meminta agar sistem drop penumpang di Terminal 1 Bandara Soetta agar tidak dipungut tiket masuk, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di pintu masuk. Komisi V meminta kepada PT. Angkasa Pura selaku pengelola Bandara Soetta untuk menyamakan perlakuan di pintu masuk Terminal 1 denganTerminal lainnya.

 

“Karena penyebab penumpukan di Terminal 1 ialah setiap kendaraan yang masuk wajib mengambil tiket, walaupun itu hanya drop penumpang saja. Ini yang mengakibatkan penumpukan yang signifikan. Di Terminal 2 dan 3 hanya kendaraan yang parkir yang diwajibkan mengambil karcis parkir,” ungkapnya.

 

Sigit juga mengatakan untuk harga tiket pesawat yang cenderung melambung tinggi di setiap hari libur Lebaran, ia pun menyampaikan kepada Kementerian Perhubungan harus ada rumus yang jelas untuk tarif tiket batas bawah dan batas atas.

 

“Jangan sampai untuk penerbangan reguler ini harga tidak melambung tinggi di setiap hari libur Lebaran, seharusnya kalau dengan teori pasar disaat puncak seperti ini harusnya ada diskon, sesuai Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2016. Kalau perlu bisa lebih murah lagi seperti hari-hari biasa. Jangan sampai momen lebaran ini menjadi sarana mengambil keuntungan sebesar-besarnya,” ujar politisi dapil Jatim itu.

 

Masih terkait tiket masuk Terminal 1 juga menjadi perhatian Anggota Komisi V DPR RI Rahmat Nasution Hamka. Ia mengimbau kepada PT. Angkasa Pura tidak memungut tiket masuk bagi kendaraan yang mengantar penumpang, khususnya selama arus mudik Lebaran tahun ini.

 

Selain itu, tambah politisi PDI Perjuangan itu, hal tersebut untuk mengurangi jumlah penumpukan kendaraan yang masuk Terminal 1 Bandara Soetta. Karena Terminal di bandara ini sudah melebihi kapasitas yang seharusnya, khususnya di Terminal 1.

 

“Kalau hanya mengantar, saya kira tidak perlu dipungut tiket masuk, kecuali kendaraan yang parkir di terminal-terminal bandara. Hal ini agar dapat mengurai penumpukan mobil di pintu masuk terminal,” ujar politis dapil Kalteng itu. (azk/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi V Soroti Blokir Anggaran Kemenhub
18-03-2019 / KOMISI V
Komisi V DPR RI menyoroti catatan blokir pagu alokasi anggaran 2019 milik Kementerian Perhubungan sebesar Rp 903,05 oleh Kementerian Keuangan....
Pemkab Bantaeng Minta Dukungan Komisi V Percepat Pembangunan Infrastruktur
18-03-2019 / KOMISI V
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menerima audiensi Pemerintah Kabupaten Bantaeng yang dipimpin Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin....
Infrastruktur Jalan Nasional di Kabupaten Tangerang Sangat Minim
14-03-2019 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Sahat Silaban menyayangkan infrastruktur jalan nasional di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, yang dikelola pemerintah pusat...
Temanggung Butuh Infrastruktur Memadai
14-03-2019 / KOMISI V
Kabupaten Temanggung menjadi titik tengah Provinsi Jawa Tengah yang menghubungkan empat kota besar yaitu, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto dan Solo, sehingga...