Mobil Listrik Bisa Menjadi Solusi Ketergantungan BBM

04-07-2018 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo foto : Arief/mr

 

 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan salah satu solusi persoalan subsidi BBM dan naiknya harga BBM di Indonesia adalah dengan mendorong penggunaan kendaraan elektrik atau electric vehicle (EV). Gaya hidup dengan kendaraan elektrik harus digalakkan dengan mengekspos besar-besaran penggunaan dan manfaatnya. Sehingga, masyarakat tidak lagi takut untuk beralih ke kendaraan listrik.

 

“Kenaikan harga BBM selalu menjadi persoalan besar di masyarakat. Ketergantungan pada bahan bakar fosil itu begitu mengakar. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggalakkan penggunaan kendaraan elekrik. Tren otomotif dunia saat ini pun mulai bergeser ke kendaraan elektrik,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (04/7/2018).

 

Politisi Partai Golkar ini menuturkan pilihan kendaraan elektrik semakin banyak. Hampir semua pabrik besar mobil dunia sudah merilis produk full listrik. Bukan lagi hybrid. Mulai dari perusahaan otomotif dari China, Geely, hingga pabrikan mobil Korea Selatan, Hyundai, ikut terjun di pasar elektrik. 

 

“Pilihan sudah banyak. Tapi memang, yang kerap jadi pilihan utama adalah Tesla. Pabrik mobil listrik asal Amerika Serikat itu. Kebetulan, yang saya miliki Tesla model X60 dan S60,” ujar Bamsoet.

 

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia dan Ketua Umum Ardin Indonesia ini mengungkapkan, dirinya sengaja membeli dua unit tersebut untuk mempromosikan penggunaan mobil listrik. Agar semakin banyak orang yang terinspirasi menggunakannya. Bamsoet telah membuktikan bahwa kendaraan tersebut sangat ekonomis.

 

“Nge-charge di rumah 6 jam full untuk berjalan 350 km. Jadi kalau hanya mutar di Jakarta dan pulang pergi rumah-kantor, cukup seminggu sekali nge-charge,” tutur mantan Ketua Komisi III DPR RI itu. (eko/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Dorong Kesamaan Political Will Bahas RUU EBT
15-02-2019 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Agus Hermanto menyatakan, pengelolaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sangat...
Fahri Hamzah Dorong Pembahasan RUU Daerah Kepulauan Tuntas Sebulan
14-02-2019 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menegaskan bahwa pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan sudah mengalami kemajuan yang luar biasa...
Ketua DPR Pastikan RUU Tak Pro LGBT
13-02-2019 / PIMPINAN
Rancangan Undang-Undang Pencegahan Kekerasan Seksual (RUU PKS) terus menjadi polemik di tengah masyarakat. RUU tersebut semakin menjadi polemik yang disebabkan...
Ketua DPR Imbau Pemerintah Atur Kembali Tarif Penerbangan
13-02-2019 / PIMPINAN
Harga bahan bakar avtur yang semakin mahal menyebabkan harga tiket penerbangan semakin melonjak. Presiden Joko Widodo bahkan sampai memanggil Direktur...