Ketua DPR Dorong Tim SAR All Out Cari Korban Kapal Lestari Maju

04-07-2018 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo foto : Jayadi/mr

 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Tim SAR gabungan untuk bekerja all out dalam mencari dan menemukan korban hilang tragedi tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang tenggelam di perairan Sulawesi Selatan baru-baru ini.

 

“Bahkan jika memang dianggap perlu, Pimpinan DPR mendorong Tim SAR  berkoordinasi dengan pihak lain yang kompeten untuk menolong para korban,” ungkap politisi yang akrab disapa Bamsoet ini dalam siaran persnya, Rabu (04/7/2018).

 

Dilanjutkannya, agar peristiwa serupa tidak terulang, Pimpinan DPR juga mendorong Kementerian Perhubungan untuk segera membenahi manajemen di semua pelabuhan. Menurutnya demi keselamatan, disiplin harus ditegakkan tanpa kompromi. Ketentuan atau teknis persyaratan kapal angkutan penumpang pun harus dipenuhi.

 

“Dari sejumlah peristiwa di sektor angkutan laut, masyarakat bisa melihat bahwa manajemen pelabuhan sering kecolongan. Para pemilik kapal motor sering kali tidak peduli pada peringatan dini tentang cuaca ekstrem di sejumlah kawasan,” tambahnya.

 

Selain itu, tambah Bamsoet, pengawasan oleh manajemen pelabuhan masih lemah. Seringkali penyebab kecelakaan diakibatkan oleh kelebihan muatan. Kalau kapal yang kelebihan muatan dibiarkan berlayar, itu bukti bahwa manajemen pengawasan pelabuhan tidak berfungsi dengan efektif.

 

“Pelanggaran atau kelalaian manajemen seperti ini cenderung terjadi di banyak pelabuhan kecil. Maka, agar tragedi angkutan laut tidak terjadi lagi di kemudian hari, Kemenhub perlu membenahi manajemen semua pelabuhan,” paparnya.

 

Tidak lupa pada kesempatan itu politisi dari fraksi Partai Golkar ini mengungkapkan rasa prihatin dan duka yang mendalam atas beberapa peristiwa kecelakaan di sektor angkutan laut. Setelah tragedi tenggelamnya kapal motor (KM)  Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, beberapa waktu yang lalu.

 

Kemudian, kecelakaan angkut laut berlanjut pada tenggelamnya kapal pengangkut TKI di perairan Tanjung Balau di Johor, Malaysia. Bahkan kini terjadi lagi tragedi KM Lestari Maju di perairan Sulawesi Selatan yang juga menelan korban jiwa. (ayu/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Harap Bahrain Perluas Kerja Sama Dengan Indonesia
17-07-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyambut hangat berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Bahrain di Indonesia. Sebagai...
Fahri Hamzah Pertanyakan Data BPS Mengenai Angka Garis Kemiskinan
17-07-2018 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengaku sangsi dengan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) terkait rilis data...
Ketua DPR Terima Kunjungan IDN Global
17-07-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo melakukan audiensi dengan Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Golbal) yang diwakili oleh Chairman Board of Trustee...
Freeport Tak Boleh Jadi Faktor Penekan pada Perundingan Dagang RI-AS
16-07-2018 / PIMPINAN
Perang dagang Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) dapat dicegah dengan perundingan oleh kedua negara. Namun, hasil perundingan dagang RI-AS harus...