Taufik Kurniawan Minta Basarnas Kerja Ekstra Selamatkan Korban KM Lestari Maju

04-07-2018 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan foto : Jaka/mr

 

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengaku prihatin atas tragedi beruntun yang terjadi pada angkutan laut. Yang terakhir, Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang tenggelam di perairan Sulawesi Selatan. Taufik mendorong Basarnas untuk bekerja ekstra untuk menemukan dan menyelamatkan korban dari kapal dengan rute Bira-Pamatata itu. pasalnya, hingga berita ini diturunkan, korban meninggal telah mencapai 33 orang.

 

“Kita sangat prihatin dengan kecelakaan angkutan laut yang beruntun ini. Belum selesai dengan kesedihan kita akan tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, lalu tenggelamnya Speed Boat pengangkut TKI di Nunukan, dan KM Lestari Maju di Sulawesi Selatan. Kita mendorong Basarnas dan pihak terkait lainnya untuk bekerja ekstra menyelamatkan korban,” kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (04/7/2018).

 

Taufik menambahkan, jika peralatan Basarnas kurang memadai untuk pencarian korban karena kedalaman laut, ia mendorong untuk berkoordinasi dengan pihak terkait yang memiliki peralatan mumpuni. Menurutnya, dengan kondisi perairan laut dan cuaca yang terkadang kurang bersahabat, bantuan dari pihak lain yang berkompeten, diharapkan dapat membantu penyelematan korban.

 

Di sisi lain, dengan kejadian tenggelamnya kapal motor yang terjadi secara beruntun ini, perlu ada evaluasi secara menyeluruh dari angkutan perairan maupun laut. Kementerian Perhubungan, maupun dinas terkait, harus memastikan kelaikan kapal untuk beroperasi. Kapal angkutan penumpang harus memiliki surat izin untuk berlayar. Selain itu, cuaca yang kurang bersahabat, juga harus menjadi perhatian bagi kapal untuk berlayar.

 

“Terkadang, pemilik kapal tidak peduli dengan keadaan kapal yang tidak laik serta cuaca yang kurang bersahabat, sehingga memaksakan kapal untuk berlayar. Bahkan surat izin berlayar pun kerap diabaikan. Jumlah penumpang juga terkadang melebihi jumlah seharusnya yang diangkut. Pengawasan dari Kemenhub harus ditingkatkan,” pesan politisi PAN itu.

 

Hingga berita ini diturunkan, korban meninggal dalam tragedi kandasnya KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, mencapai 33 orang. Humas Kantor SAR Makassar menyatakan Tim gabungan Polisi dan Basarnas dibantu nelayan saat ini masih terus menyisir sekitar lokasi kecelakaan untuk mencari korban lainnya.

 

KM Lestari Maju mengangkut 164 orang yang terdaftar sebagai penumpang, termasuk kru kapal. Selain itu, ada lebih dari 20 orang yang identitasnya tidak tercatat alias ‘no name’ (tanpa identitas), dan kemungkinan masih akan terus bertambah seiring masih dilakukannya penyisiran di sekitar lokasi kecelakaan. (es/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Harap Bahrain Perluas Kerja Sama Dengan Indonesia
17-07-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyambut hangat berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Bahrain di Indonesia. Sebagai...
Fahri Hamzah Pertanyakan Data BPS Mengenai Angka Garis Kemiskinan
17-07-2018 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengaku sangsi dengan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) terkait rilis data...
Ketua DPR Terima Kunjungan IDN Global
17-07-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo melakukan audiensi dengan Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Golbal) yang diwakili oleh Chairman Board of Trustee...
Freeport Tak Boleh Jadi Faktor Penekan pada Perundingan Dagang RI-AS
16-07-2018 / PIMPINAN
Perang dagang Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) dapat dicegah dengan perundingan oleh kedua negara. Namun, hasil perundingan dagang RI-AS harus...