KOMISI IX DESAK ASKES PERBAIKI PELAYANAN

15-12-2010 / KOMISI IX

 

Komisi IX DPR mendesak  PT. ASKES (Persero) untuk terus melakukan perbaikan pelayanan, terutama dalam hal ketersediaan obat dan jenis obat-obatan yang termasuk dalam Daftar Plafon Harga Obat (DPHO).

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Direktur PT. ASKES (Persero)  I Gede Subawa di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/12)

Anggota Komisi IX DPR dari F-PAN Hang Ali Syaputra Syah Pahan menyatakan bahwa di beberapa daerah ketersediaan obat kosong seperti di Aceh Tenggara. Banyak obat yang seharusnya esensial dan perlu ternyata tidak ada. Dan seringkali dokter memberikan resep yang  tidak termasuk dalam DPHO  sehingga pasien harus membeli sendiri dan pada waktu rembus hanya diganti sebagian.

”Bahkan pihak apotik sering memberikan obat yang tidak sesuai dengan yang diresepkan. Hal ini sangat merugikan masyarakat pengguna jasa ASKES,” terang Hang.

                Sedangkan Anggota Komisi IX dari F-PDIP Surya Chandra Wijaya Surapaty mempertanyakan usaha apa yang dilakukan ASKES dalam mengatasi permasalahan ini.

Dalam RDPU tersebut, Komisi IX DPR juga bersepakat dengan PT. ASKES (Persero)  untuk memberikan sosialisasi program-program pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi IX Minta Pemerintah Sosialisasi secara Masif tentang Virus Corona
04-04-2020 / KOMISI IX
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Sri Rahayu berharap pemerintah menyosialisasikan secara masif tentang Social Distance atau Physical Distance sebagai...
Pemerintah Harus Buka Peta Sebaran Virus
04-04-2020 / KOMISI IX
Sudah sebulan lebih sejak kasus virus Corona menginfeksi warga Depok dan kini telah menyebar luas ke seantero negeri, pemerintah belum...
Anggota DPR Usulkan Karantina Wilayah Parsial Epicentrum Covid-19
03-04-2020 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengusulkan adanya kebijakan khusus untuk daerah epicentrum atau pusat penyebaran virus Corona (Covid-19),...
Anggota DPR Desak Pemerintah Jalankan Putusan MA Terkait Iuran BPJS Kesehatan
03-04-2020 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mendesak pemerintah agar segera mengeluarkan pernyataan resmi tentang pemberlakuan iuran Badan Penyelenggara...