Pilihan Presiden Terhadap Andika Perkasa Sudah Tepat

22-11-2018 / KOMISI I

Anggota Komisi I DPR RI Arwani Thomaf. Foto : Dok/Man

 

Presiden Joko Widodo siang ini resmi melantik Letnan Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Mulyono yang sudah memasuki masa pensiun. Penunjukan Andika yang memiliki rekam jejak jabatan penting dan strategis itu, menurut Anggota Komisi I DPR RI Arwani Thomafi sudah tepat.

 

“Pengalaman jabatan penting dan strategis menjadi modal penting bagi Andika seperti Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (2013), Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspamres) (2014), Pangdam XII Tanjungpura (2016), serta Pangkostrad (2018),” ujar Arwani dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, Kamis (22/11/2018).

 

Dengan rekam jejak yang dimiliki Andika, legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu berpendapat tidak ada yang janggal dalam pelantikan ini. Menurutnya, penunjukan Andika sebagai KSAD TNI merupakan tour of duty yang lazim dalam sebuah organisasi, termasuk di TNI AD.

 

Figur Andika Perkasa sebagai KSAD diharapkan memenuhi kebutuhan zaman khususnya bagi institusi militer saat ini. Dimana modernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) menjadi salah satu pekerjaan yang harus dibereskan oleh Andika.

 

Dalam menghadapi tahun politik ini, menurut legislator dapil Jawa Tengah III itu, Andika juga memiliki tugas penting untuk memastikan institusi TNI AD netral pada Pemilu 2019. Netralitas TNI di tahun politik menjadi hal utama untuk melanjutkan reformasi di institusi TNI.

 

Tak lupa, Arwani mengucapkan selamat atas pelantikan Andika Perkasa sebagai KSAD. Andika sendiri diketahui juga memiliki latar belakang pendidikan umum seperti National Defense University, Harvard University, The George Washinton University. (es/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi I Usulkan Dibentuk Audit Investigasi TVRI
21-01-2020 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha mengamati kegaduhan yang terjadi di internal TVRI hingga berujung pada pemecatan Direktur Utama...
Usut Pemecatan Helmy Yahya, Komisi I Panggil Dewas TVRI
21-01-2020 / KOMISI I
Komisi I DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Dewas Pengawas TVRI untuk meminta penjelasan terkait pemberhentian Helmy Yahya sebagai...
Norwegia Mitra Penting Indonesia
21-01-2020 / KOMISI I
Norwegia, negara Eropa utara dipandang sangat peting bagi Indonesia. Dari Norwegialah diharapkan pintu gerbang blokade Uni Eropa bisa dibuka bagi...
Kapal Wartawan Istana Terbalik, Abdul Kharis Sampaikan Rasa Prihatin
21-01-2020 / KOMISI I
Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Abdul Kharis Almasyhari merasa prihatin dengan kecelakaan terbaliknya kapal wartawan Istana Negara di Labuan...