Booth DPR Ramai Didatangi Pengunjung AMH 2018

05-12-2018 / SEKRETARIAT JENDERAL

Suasana Booth DPR RI dalam acara Anugerah Media Humas (AMH) 2018 di Tangerang Banten. Foto: Runi/od 

 

Booth DPR RI yang turut berpartisipasi dalam acara Anugerah Media Humas (AMH) 2018 ramai didatangi pengunjung. Ribuan pengunjung yang datang antusias mengunjungi booth DPR RI untuk mengenal lebih dekat dengan DPR RI.

 

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Biro Parlemen Parlemen Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Minarni saat berlangsungnya pameran AMH 2018 yang juga terintegrasi dengan kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) di Lapangan Ahmad Yani, Tangerang, Banten, Rabu, (4/12/2018).

 

“Pameran ini semulanya bertujuan untuk mengenalkan, mengedukasi, dan mendekatkan DPR kepada Rakyat. Namun sampai hari ke tiga pameran diselenggarakan, kita melihat antusiasme masyarakat, mahasiswa dan pelajar itu besar sekali baik dari pagi sampai sore,” ungkap Minarni.

 

Minarni menjelaskan dalam pameran booth yang diikuti oleh 31 instansi Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD, serta Perguruan Tinggi, booth DPR RI cukup berhasil mencuri perhatian para pengunjung. Para pengunjung sangat antusias mengikuti permainan DPR Challenge yang berhadiah merchandise menarik.

 

“Permainan yang kita adakan itu berbentuk offline dan online, materi dari permainan DPR Challenge itu sendiri berupa soal seputar tugas, fungsi dan kinerja yang dihasilkan oleh DPR RI. Jika berhasil menjawab seluruh soal pengunjung bisa mendapatkan hadiah berupa merchandise menarik dari DPR RI,” jelas Minarni.

 

Selain mengajak masyarakat untuk bermain games, booth DPR RI juga menyuguhkan informasi sejarah panjang perjalanan 50 tahun Majalah Parlementaria. “Banyak masyarakat yang belum tahu kalau DPR mempunyai Majalah Parlementaria bahkan sudah berumur 50 tahun. Ini tentunya menjadi ajang mengenalkan  masyarakat terhadap Majalah Parlementaria,” tuturnya.

 

Minarni mengakui terdapat hal menarik yang ditanyakan oleh para pengunjung yang mendatangi booth DPR RI. Salah satu yang sering ditanyakan oleh pengunjung adalah bagaimana cara mengunjungi Gedung DPR RI. Banyak pengunjung yang belum tahu dan terinformasikan bagaimana cara memasuki Gedung DPR RI.

 

“Karena menurut mereka untuk memasuki Gedung DPR merupakan hal yang sulit. Melalui pameran ini, kami turut mengonfirmasikan Masyarakat yang ingin datang, cukup mengirim surat permohonan kepada Humas DPR. Karena Humas DPR setiap hari menerima kunjungan masyarakat baik itu pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum,” ucap Minarni.

 

Melalui booth yang menjadi salah satu kategori perlombaan Minarni berpesan menjadi juara bukanlah target utama yang diraih oleh Humas DPR RI. Melihat antusiasme masyarakat saat mendatangi stan booth sudah menjadi hal yang sangat berkesan.

 

“Kami tidak menargetkan menang, karena target kami sebenarnya adalah bagaimana menjangkau masyarakat sebanyak mungkin. Terbukti selama berlangsungnya pameran selama tiga hari ini, ternyata masyarakat penuh dan sampai mengantri antusias. Maka dari itu kami sudah cukup bangga dan berbahagia karena itu bukti bahwa DPR disayang oleh rakyat,” imbuhnya.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Sub Bagian Pelayanan Informasi Publik Humas DPR RI Tri Hastuti. Ia mengakui antusiasme pengunjung yang mendatangi booth DPR RI sudah memecahkan rekor terbanyak dibanding dengan pameran-pameran yang sudah diikuti sebelumnya.

 

“Banyak sekali yang ditawarkan di booth DPR, salah satunya adalah games DPR Challenge yang bukan hanya sekedar games, melainkan sekaligus mengedukasi memberi pengetahuan kepada masyarakat seputar DPR RI. Kita mencari pemenang yang paling banyak mengumpulkan jumlah skor adalah pemenangnya. Dan ini ternyata cukup sukses, banyak masyarakat antusias mengikuti games ini,” jelas Tuti, sapaan akrab Tri Hastuti.

 

Melalui games, Tuti menilai hal ini cukup berhasil mengubah persepsi masyarakat sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat tentang DPR RI. Diharapkan melalui games yang berisi informasi seputar DPR RI, masyarakat bisa terinformasikan dengan cara yang menyenangkan.

 

“Dengan bermain games, secara tidak  langsung mereka bukan hanya sekedar bermain tapi juga mendapatkan pengetahuan. Bahkan banyak yang baru tahu di DPR ada yang namanya masa sidang dan masa reses, nah dengan menjawab pertanyaan melalui games, secara tidak langsung mereka jadi tahu,” tutur Tuti.

 

Puncak kegiatan SAIK 2018 yang berlangsung mulai dari tanggal 2 sampai 4 Desember 2018 ditutup dengan Malam Penganugeraahn AMH 2018 ke-13. Pada malam penganugerahan tersebut, Direkrur Jenderal (Dirjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Rosarita Niken turut memberikan sambutan.

 

Dalam sambutannya Niken memberikan apresiasi kepada seluruh instansi yang telah dengan gigih mempersiapkan segala sesuatu untuk mengikuti kegiatan AMH 2018 ini. “Tahun ini kami melakukan penyesuaian kategori perlombaan. Yang berfokus pada aktifitas kehumasan yang terukur serta berdampak nyata ke publik,” ucap Niken.

 

Dirinya berharap, melalui kegiatan SAIK 2018 dapat meningkatkan kinerja kehumasan. Sehingga Humas pada era 4.0 ini betul-betul dapat melakukan kinerja terbaik dan melakuan kolaborasi dengan berbagai pihak. Sehingga informasi tentang program kebijakan maupun capaian-capaian pemerintah baik pusat mapun daerah bisa terkomunikasikan kepada seluruh masyarakat.

 

“Kami ucapkan selamat kepada para instansi yang menjadi juara dan memberikan semangat kepada yang tahun ini belum memperoleh juara. Kekalahan tahun ini semoga dapat dijadikan catatan untuk perbaikan pada AMH pada tahun mendatang,” tutupnya.

 

AMH merupakan supremasi tertinggi bagi insan Humas yang menjadi acara tahunan di bawah Komando Kemenkominfo. Pada tahun ini Kementerian Keuangan kembali meraih juara umum Humas terbaik pada AMH 2018. Untuk kategori pelayanan informai melalui internet (website) kategori Pemerintahan Daerah, juara umum diraih oleh Kota Tangerang yang kemudian disusul Kabupaten Bojonegoro dan Kota Bandung.

 

Sementara stan terbaik diperoleh oleh Kementerian Sekretariat Negara, disusul Kementerian Pariwisata sebagai stan terfavorit, dan Kementerian Perhubungan sebagai stan dekorasi terbaik. Stan pelayanan terbaik diraih oleh Kementerian Pendiidkan dan Kebudayaan dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjadi juara stan terinovatif. (tra/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BK DPR Harap Tingkatkan Kerja Sama dengan Dewan Legislatif Korsel
13-12-2018 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Pusat Penelitian Badan Keahlian (BK) DPR RI Indra Pahlevi mengharapkan adanya peningkatan hubungan kerja sama lebih jauh antara BK...
Pegawai ASN Harus Teladani Sifat Rasul
12-12-2018 / SEKRETARIAT JENDERAL
Peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW sejatinya memiliki makna yang sangat penting, bukan saja bagi kehidupan kaum muslimin melainkan juga kehidupan...
Penerimaan ASN Diharap Menunjang Reformasi Birokrasi
10-12-2018 / SEKRETARIAT JENDERAL
Deputi Persidangan Setjen dan BK DPR RI Damayanti mengharapkan penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN)) 2018 bisa menunjang agenda reformasi birokrasi...
Tingkatkan Profesionalitas ASN, Setjen DPR Akan Bentuk Asessment Berbasis Kompetensi
07-12-2018 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menegaskan bahwa sebagai suatu fase meningkatkan profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat...