Geopark Ciletuh Perlu Digaungkan ke Wisatawan

06-12-2018 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR Putu Supadma Rudana bersama Tim Kunspek di Sukabumi. Foto: Mastur/od

 

 

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI ke Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat fokusnya pada masalah kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Potensi Sukabumi cukup besar di bidang pariwisata, ada geopark, gunung, pantai, hutan serta kerajinan dan kuliner. Yang menjadi ikon besar Sukabumi adalah Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

 

“Ini perlu digaungkan dan disampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia bahwa di Sukabumi ada geopark yang sangat menarik,” jelas anggota Komisi X DPR RI Putu Supadma Rudana usai pertemuan dengan Wakil Bupati Sukabumi, di Sukabumi, Jabar, Rabu (5/12/2018).

 

Untuk menggaungkan destinasi wisata, kata Putu, kuncinya adalah infrastrukur dan jalan tol tahap pertama Bocimi (Bogor, Cianjur, Sukabumi) sudah diresmikan. Namun itu baru tahap pertama, masih ada tiga tahap lagi hingga sampai Palabuhanratu atau lokasi Geopark Ciletuh.

 

“Itu tantangan terbesar. Karena itu Komisi X mendorong pemerintah, khususnya Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk mendorong pembangunan infrastrukturnya,” tandas legislator Partai Demokrat itu.

 

Menurut legislator dapil Bali ini, pariwisata tidak akan berkembang kalau infrastrukturnya belum terwujud. Yang menggembirakan adalah akan segera dibangunnya bandara di Kawasan Cikembang, Sukabumi, yang pastinya akan mendukung pariwisata.

 

Tak kalah penting, ujar Putu, soal sumber daya manusia (SDM), sebab tenaga kerjanya masih didominasi lulusan SMP, sehingga perlu dukungan pendampingan, khususnya dibangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pariwisata dan perguruan tinggi pariwisata. Apalagi kalau digabung penduduk Bogor dan Sukabumi mencapai sekitar 10 juta, dimana potensi tenaga kerjanya besar.

 

Yang tengah dikembangkan kabupaten ini antara lain desa wisata, home stay dan bangunan kios untuk ekonomi kreatif. “Komisi X akan mendorong kepada Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Sukabumi,” ungkap Putu.

 

Dalam pertemuan dengan Wabup Sukabumi didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kadis Perdagangan dan Kadis Perindustrian sepakat untuk mempercepat pembangunan kawasan wisata Sukabumi. Destinasi Palabuhanratu sudah ada sejak zaman Bung Karno, sehingga pemerintah bisa turun tangan untuk mempercepat pembangunan infrasuktur karena akan menopang pariwisata di daerah lain termasuk Jakarta. Rencana tahun depan Jakarta mendapatkan 30 persen kunjungan wisman dari jumlah 17 juta yang dicanangkan tahun 2019 mendatang. (mp/sf)  


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Hentikan Hoaks dengan Tradisi Literasi
14-12-2018 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR RI Marlinda Poernomo menyerukan saatnya bangsa ini menghentikan hoaks (berita palsu) dan menggantinya dengan tradisi literasi....
IGTK Jadi Garda Terdepan Penjaga Pancasila
14-12-2018 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR Marlinda Irwanti berharap agar Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) menjadi garda terdepan untuk menjaga nilai-nilai Pancasila....
DPR Perjuangkan Pengangkatan Guru Honorer
13-12-2018 / KOMISI X
Komisi X DPR RIberhasil melakukan koordinasi politik kepada pemerintah untuk menyelesaikan tuntutan Guru Tenaga Honorer K-II (THK-II) untuk diangkat menjadi...
DPR dan Pemerintah Sepakat Angkat Guru Honorer Jadi PPPK Sebelum Maret 2019
12-12-2018 / KOMISI X
Komisi X DPR RI dan pemerintah sepakat menyelesaikan pengangkatan Guru Tenaga Honorer K-II (THK-II) sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...