Komisi X Gali Data Faktual Bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Bogor

23-01-2019 / KOMISI X

Ketua Komisi X DPR Djoko Udjianto bersama Walikota Bogor Bima Arya melakukan pertemuan saat Kunjungan Kerja Spesifik ke Kabupaten Bogor.Foto :Suci/rni

 

 

Untuk mendapatkan masukan berupa data faktual bidang pendidikan dan kebudayaan di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan dan Kebudayaan melakukan kunjungan kerja ke Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Tim Komisi X DPR ke Kota Bogor dan Kabupaten Bogor ini dipimpin Ketua Komisi X DPR Djoko Udjianto.

 

“Pertemuan dengan Walikota Bogor ini merupakan rangkaian Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan DPR RI ke daerah-daerah satelit sekitar Ibu Kota Jakarta, yaitu Bogor, Depok,  dan Bekasi,” papar Djoko saat pertemuan dengan Walikota Bogor Bima Arya di ruang Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Selasa (22/01/2018)

 

Politisi Demokrat ini menyampaikan bahwa tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mendapatkan masukan berupa data  faktual bidang pendidikan dan kebudayaan di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, untuk mendapatkan masukan terkait nilai-nilai kebudayaan local yang dapat dijadikan penunjang penguatan karakter yang dapat dijadikan rujukan dalam pengambilan kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi Komisi X DPR.

 

“Selain itu, untuk memantau secara langsung implementasi rekomendasi beberapa Panitia Kerja Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Komisi X DPR, kendala, dan pengrmasalahannya, serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pengambilan kebijakan selanjutnya,” jelas Djoko.

 

Dalam pertemuan dengan Walikota Bogor yang dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dan jajaran pemangku Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bogor tersebut, ia juga menjelaskan maksud Kunjungan Kerja Komisi X ke Kota Bogor dan Kabupaten ini.

 

“Kunjungan ini dimaksudkan pertama adalah untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari pejabat daerah mengenai sarana dan prasarana pendidikan dasar menengah dan anggarannya. Kedua, melakukan pengawasan terhadap implementasi kebijakan bidang pendidikan dan kebudayaan. Ketiga, untuk menggali dan menyerap aspirasi dari daerah khususnya ilia-nilai budaya lokal dalam penguatan pendidikan karakter,” papar legislator daerah pemilihan Jawa Tengah III ini.

 

Dalam kunjungan tersebut, Djoko Udjianto didampingi Tim Komisi X DPR antara lain Wakil Ketua Komisi X Reni Marlinawati, Anggota X Zuhdi Yahya, Ferdiansyah, Bambang Sutrisno, Popong Otje Djunjunan, Ayub Khan, Mustafa Kamal, Ratieh Sanggarwati, Titiek Prasetiowaty dan Zairina.

 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Komisi X juga melakukan kunjungan kerja ke Kota Depok dan Kota Bekasi. Tim Komisi X ke Kota Depok dipimpin Wakil Ketua Komisi X Abdul Fikri Faqih, dan Tim Komisi X ke Kota Bekasi dipimpin Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian. (sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi X Konsultasikan ‘Omnibus Law’
14-11-2019 / KOMISI X
Regulasi di bidang pendidikan, kepemudaan, olahraga, hingga cagar budaya yang menjadi domain Komisi X DPR RI dikonsultasikan dengan Badan Keahlian...
Program Keahlian SMK Perlu Dikaji Ulang
14-11-2019 / KOMISI X
Program keahlian yang ada di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu dikaji ulang. Lulusan SMK idealnya sudah siap mengisi dunia...
Regulasi Sektor Pendidikan Perlu Direvisi
14-11-2019 / KOMISI X
Beberapa regulasi pendidikan dinilai tak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Untuk itu, perlu direvisi. Setidaknya ada tiga Undang-Undang (UU) yang...
PON Papua Jadi Sejarah Bangsa
13-11-2019 / KOMISI X
Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Provinsi Papua jadi catatan sejarah tersendiri bagi bangsa ini, terutama bagi masyarakat Papua. PON...