Sarpras Seniman Depok Perlu Diperhatikan

23-01-2019 / KOMISI X
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih. Foto: Chasbi/jk

 

 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI bertemu dengan Wali Kota Depok beserta jajarannya guna menyerap aspirasi dan masukan terkait pendidikan dan kebudayaan. Dari hasil pertemuan, terungkap bahwa sarana dan prasarana seniman dan budayawan Depok perlu mendapat perhatian.

 

“Ketika kami datang ke Depok ternyata kami mendapat masukan yang jauh lebih banyak, seniman dan budayawan yang sering tampil di televisi dan media elektronik di Jakarta kenyataanya mereka tinggal di Depok jadi wajar sarana dan prasarana mereka juga harus dipenuhi,” kata Fikri di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (22/01/2019).

 

Politisi PKS ini menambahkan, Depok merupakan salah satu kota penyangga ibu kota Jakarta, sehingga perlu mendapat perhatian yang proporsional. Menurutnya, dengan sarpras yang memadai, ketika para seniman dan budayawan akan berekspresi atau melakukan hal pengembangan dalam dirinya, bisa dilakukan di Depok, sehingga tidak jauh pergi ke Jakarta.

 

“Di Depok perlu ada sarana dan prasarana untuk mengembangkan ekspresi dan bakat mereka, ke depannya ini bisa regenerasi. Kesadaran untuk memajukan kebudayaan bukan menjadi beban, tapi ini adalah investasi besar yang juga berdampak pada ekonomi kreatif yang saat ini sedang disusun regulasinya,” jelas Fikri.

 

Dalam Kunspek Komisi X DPR RI ke Depok ini turut didampingi oleh salah satu mitra kerja, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertugas mencatat, mendengar dan menindaklanjuti hasil pertemuan pada ini.

 

“Kemendikbud mencatat keluhan dan rencana apa ke depannya. Depok dekat dengan Jakarta, jadi rencana-rencana tersebut tidak harus menunggu tahun depan. Kemendikbud diundang ke Senayan, dan melalui hasil pertemuan ini, sehingga semua rencana ini bisa di formulasikan sesuai dengan prosedur dan perundang-undangan yang ada,” tutup Fikri.

 

Selain ke Depok, pada hari yang sama Komisi X DPR RI juga melakukan pengawasan ke daerah yang dekat dengan Jakarta, yakni Kota Bogor yang dipimpin Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto (F-Demokrat) dan Kota Bekasi yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian (F-Golkar). (cas/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi X Konsultasikan ‘Omnibus Law’
14-11-2019 / KOMISI X
Regulasi di bidang pendidikan, kepemudaan, olahraga, hingga cagar budaya yang menjadi domain Komisi X DPR RI dikonsultasikan dengan Badan Keahlian...
Program Keahlian SMK Perlu Dikaji Ulang
14-11-2019 / KOMISI X
Program keahlian yang ada di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu dikaji ulang. Lulusan SMK idealnya sudah siap mengisi dunia...
Regulasi Sektor Pendidikan Perlu Direvisi
14-11-2019 / KOMISI X
Beberapa regulasi pendidikan dinilai tak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Untuk itu, perlu direvisi. Setidaknya ada tiga Undang-Undang (UU) yang...
PON Papua Jadi Sejarah Bangsa
13-11-2019 / KOMISI X
Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Provinsi Papua jadi catatan sejarah tersendiri bagi bangsa ini, terutama bagi masyarakat Papua. PON...