Komisi IV Tinjau Program KBR di Bengkulu Tengah

07-02-2019 / KOMISI IV

Anggota Komisi IV DPR RI Susi Syahdona Marleny Bachsin Foto : Singgih/mr

 

Tim kunjungan spesifik  Komisi IV DPR RI yang dipimpin oleh Susi Syahdona Marleny Bachsin meninjau secara langsung pelaksanaan Program Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Tunas Harapan Binaan Balai Pengendalian DAS-HL Ketahun, Bengkulu Tengah (Benteng).

 

"Provinsi Bengkulu ini merupakan salah satu Provinsi yang ikut berpartisipasi dalam program Kebun Bibit Rakyat (KBR), kita datang kesini untuk melihat langsung pelaksanaannya," ungkap Dona saat memimpin tim kunspek Komisi IV DPR RI di Desa Surau, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Provinsi Bengkulu, Rabu (6/2/2019).

 

Dona menyampaikan bahwa KBR merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bibit yang lebih baik berbasis pemberdayaan masyarakat. Salah satu sasaran penggunaannya adalah penanaman pada hutan rakyat. "KBR dapat dijadikan salah satu sarana bagi pengembangan jenis kayu potensial hutan rakyat khususnya untuk peningkatan kualitas dan produktivitas hasil kayu rakyat," ungkap Dona.

 

Legislator fraksi Partai Gerindra itu juga melihat langsung manfaat program KBR, dimana telah terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan tersebut. Selain itu, Ia juga menyerap aspirasi langsung dari masyarakat terkait kendala dalam pelaksanaan kegiatan program KBR.

 

"Apa yang disampaikan kelompok tani Bengkulu Tengah ini akan kita tindak lanjuti dan harapannya bisa direalisasikan Pemerintah. Apalagi target dari pelaksanaan Program KBR ini dalam rangka mendukung program penanaman di areal lahan sasaran Rehabilitasi Hutan dan Lahan di seluruh Indonesia, khususnya di Bengkulu,” ujar Dona.

 

Sebagaimana diketahui bahwa Kebun Bibit Rakyat (KBR) merupakan salah satu program prioritas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2010.

 

Kunspek Komisi IV DPR RI ke Bengkulu juga diikuti Anggota Komisi IV lainnya yakni Oo Sutisna dan Endro Hermono dari fraksi Partai Gerindra, Hermanto (F-PKS) serta Asep Ahmad Maoshul Affandy (F-PPP). (skr/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ciptakan Stabilitas Harga, Bulog Diminta Gelar Operasi Pasar
09-04-2020 / KOMISI IV
Anggota Komisi IV DPR RI Muslim meminta Bulog agar dengan segera bisa melakukan operasi pasar terutama menjelang bulam Ramadan dan...
Legislator Desak Pemerintah Perkuat Bulog Jadi Stabilisator Pangan
09-04-2020 / KOMISI IV
Anggota Komisi IV DPR RI Suhardi Duka menegaskan ketersediaan logistik menjadi salah satu senjata penting dalam menghadapi peperangan melawan pandemi...
KLHK Diminta Tingkatkan Skema Bantuan Untuk Covid-19
09-04-2020 / KOMISI IV
Terkait rencana Pemerintah untuk melakukan realokasi anggaran guna penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia, Komisi...
Polemik Impor Buah Bukti Janggalnya Penerapan Aturan
08-04-2020 / KOMISI IV
Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin menyampaikan, pada awal pekan April 2020, berbarengan dengan situasi negara sedang berusaha...