Komisi V Dukung Peningkatan Kapasitas SDM Transportasi Maluku

08-02-2019 / KOMISI V

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis. Foto: Sofyan/sf

 

 

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis mendukung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Kementerian Perhubungan, untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) transportasi, baik transportasi darat, laut maupun udara di Provinsi Maluku melalui berbagai pelatihan. Ia pun mendukung kerja sama yang dilakukan BPSDM Perhubungan dengan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

 

“Sudah dilakukan kerja sama dengan perguruan tinggi di tempat ini, Unpatti. Kita harap mereka mendapatkan skill dan mendapatkan sertifikasi. Kita minta Maluku bisa menjadi model bagi daerah lain, khususnya berkaitan dengan peningkatan skill untuk masyarakat laut yang ada di Indonesia,” kata Fary usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI dengan jajaran mitra kerja di Kota Ambon, Maluku, Rabu (06/2/2019).

 

Namun legislator Partai Gerindra ini mengingatkan BPSDM Perhubungan agar segera memberikan sertifikat kepada masyarakat yang telah mengikuti pelatihan. Pasalnya, ia mendapat aspirasi dari masyarakat dapilnya, Nusa Tenggara Timur (NTT) II, ada masyarakat yang lebih dari 6 bulan belum menerima sertifikat pelatihan skill itu. Menurutnya, sertifikat itu bisa digunakan masyarakat untuk diterapkan di lapangan ataupun menyangkut kebutuhan lain.

 

Sebelumnya, Sesbadan BPSDM Perhubungan Suharto menjelaskan, dalam rangka peningkatan kapasitas SDM itu, BPSDM Perhubungan akan menyelenggarakan diklat pemberdayaan masyarakat. Program meliputi tiga komponen, yakni matra laut, matra udara, dan matra darat. Ia memastikan, pelatihan untuk tiga komponen itu akan dioptimalkan.

 

“Karena saat ini kita tahu, masih ada permasalahan transportasi, baik masalah keselamatan, keamanan, dan ketertiban. Untuk mendukung optimalisasi kegiatan ini, kami bekerjasama dengan Unpatti. Sehingga harapannya dalam waktu yang tidak terlalu, draf kerja sama ini dapat disepekati dan dilaksanakan,” jelas Suharto.

 

Peluang kerja sama pendidikan UPT BPSDM Perhubungan melalui Politeknik Ilmu Pelayaran Maksssar dengan Unpatti diantaranya, bagi lulusan Sarjana dari Unpatti diberi kesempatan mengikuti ampulen Program Diklat Pelaut III Pembentukan (DP III), dengan bidang keahlian Nautika atau Teknika, Kompetensi Ahli-Nautika Tingkat III (ANT-III), atau Kompetensi Ahli Teknika Tingkat (ATT-III). (sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Legislator Dukung Pemindahan Ibu Kota Untuk Pemerataan Ekonomi
26-09-2019 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie, mendukung rencana Pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur....
Sistem Platon Diperkenalkan Kepada Komisi V
25-09-2019 / KOMISI V
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menerima perwakilan perusahaan asal Rusia yang bergerak di sektor transportasi, RT-Invest Transport...
13 Tahun Berlalu, Korban Lumpur Lapindo Masih Terkatung
19-09-2019 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Sungkono menyanyangkan pemerintah yang hingga saat ini terkesan mengabaikan korban lumpur lapindo. Bahkan setelah 13...
Komisi V Pastikan Pelayanan MRT Profesional
19-09-2019 / KOMISI V
Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan langsung ke lapangan guna mencoba dan memastikan kondisi riil terkait pelayanan,...