Sekjen DPR Dorong Kesadaran TA Untuk Bangun Citra DPR

11-02-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar meminta para Tenaga Ahli (TA) Anggota Dewan untuk turut membantu meningkatkan citra DPR RI di katakanya saat menyampaikan materi tentang Peran Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI dalam mendukung tugas dan fungsi DPR RI.Foto :Kresno/rni

 

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar meminta para Tenaga Ahli (TA) Anggota Dewan untuk turut membantu meningkatkan citra DPR RI, dengan memberi informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan Anggota Dewan dengan mengisi micro blog Anggota Dewan. Hal ini agar masyarakat mengetahui secara utuh dan jelas setiap kegiatan yang dilakukan oleh seluruh Anggota Dewan.

 

Hal itu disampaikan Indra usai membuka Orientasi TA DPR RI, sekaligus menyampaikan materi tentang Peran Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI dalam mendukung tugas dan fungsi DPR RI, di Ruang Rapat Pansus B, Senayan, Jakarta, Senin (11/02/2019).

 

“Tentunya keberadaan TA harus juga menjadi peningkatan bagi citra DPR. Sehingga tetap saya ingatkan kepada TA untuk punya komitmen mengisi micro blog Anggota Dewan. Supaya Anggota Dewan yang bekerja di dapil (daerah pemilihan), bekerja dimanapun, atau saat kunjungan kerja, TA melaporkan dalam micro blog. Sehingga masyarakat tahu Anggota Dewan kita bekerja apa saja,” ungkapnya.

 

Selain itu, Indra juga mengatakan, TA sebagai bagian organik dari Dewan, harus menjadi bagian integral kedewanan yang dapat memberikan masukan-masukan kepada Dewan secara baik dan rutin. Tidak saja yang menyangkut hal-hal bersifat teknis, namun juga secara subtansi.

 

“Seperti bagaimana mendalami naskah akademik, melihat celah dari sebuah RUU, hingga bagiamana melihat hal-hal lain yang berkaitan dengan subtansi, misalnya ratifikasi-ratifikasi peraturan Pemerintah, semua itu menurut Indra harus dimiliki oleh seorang Tenaga Ahli Dewan,” ungkap Indra.

 

Di samping itu, Indra juga mengaku cukup prihatin dari 560 Anggota, hanya 20 persen Anggota yang memiliki TA yang rajin mengisi micro blog Anggota Dewan. Sehingga dirinya akan terus menyampaikan secara berulang-ulang agar TA memiliki kesadaran mengisi micro blog sebagai penjelasan dari kegiatan yang dilakukan oleh Anggota Dewan.

 

“Saya ingatkan bahwa TA ini bagian dari suatu sistem itu, sehingga kami di kesetjenan yang memfasilitasi TA ini meminta mereka untuk memiliki kesadaran untuk mengisi itu. Tentunya saya menyampaikan materi itu bahwa Setjen sebagai supporting system Dewan punya kewajiban meningkatkan kapasitas TA ini untuk memberikan dukungan kepada dewan,” paparnya.

 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Deputi Persidangan Setjen dan BK DPR RI Damayanti menjelaskan, ada 3 hal yang harus diingat dan dipahami oleh TA Anggota Dewan. Yang pertama, kesiapan materi subtansi untuk disampaikan kepada Anggota Dewan.

 

Kedua, kelengkapan administrasi terkait kesiapan dokumen untuk dilakukannya perjalanan dinas, dan ketiga adalah membuat laporan terkait Anggota Dewan yang disampaikan di micro blog Anggota Dewan masing-masing.

 

“Yang saya inginkan adalah teman-teman TA menyiapkan laporan, dimana isinya kegiatan Anggota. Ini berkaitan dengan imbauan Setjen DPR untuk segera menyampaikan di micro blog milik anggota masing-masing. Supaya masyarakat juga bisa mengerti bahwa anggota itu sebetulnya banyak sekali kegiatannya. Selama ini tidak berjalan dengan baik, jadi hanya 20 persen yang mengisi micro blog itu,” katanya, usai acara.

 

Maya, sapaan akrab Damayanti mengungkapkan, bahwasannya dengan mengisi micro blog, TA tidak perlu susah-susah berbicara ke khalayak umum tentang apa saja kegiatan Anggota Dewan, cukup dengan mengunggahnya di micro blog Anggota Dewan. (ndy/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Setjen dan BK DPR Dukung Pembahasan RUU
16-02-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar memastikan, Sekreratiat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI akan mendukung, mengidentifikasi serta memfasilitasi pembahasan...
Pom Bensin Mini Perlu Diatur Regulasi
15-02-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
pom bensin mini atau penjual bensin eceran di tengah masyarakat menjadi salah satu alternatif pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang...
DPRD HSS Konsultasikan Raperda RPJMD
15-02-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara (PKAKN) Badan Keahlian DPR RI Helmizar menerima kunjungan konsultasi Komisi III DPRD Kabupaten Hulu...
Sekjen DPR Lantik 19 Pejabat
15-02-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar melantik 19 pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR...