TN Bunaken Harus Dilestarikan

15-02-2019 / KOMISI IV
Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR mengunjungi Taman Nasional Bunaken, Sulut. Foto: Ria/jk

 

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo menyatakan, kekayaan laut yang ada  di Taman Nasional (TN) Bunaken perlu dijaga dan dilestarikan sebagai warisan untuk generasi di masa depan. Sebagai salah satu ikon pariwisata di Manado, TN Bunaken telah memberikan kontribusi positif bagi pendapatan daerah. Ia menyampaikan apresiasi atas  pengembangan pariwisata TN Bunaken yang tetap menjaga pelestarian kekayaan di bawah laut.

 

“Namun, untuk terus mengembangkan pariwisata itu perlu peran semua pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat, daerah, swasta maupun masyarakat dalam mengelola Taman Nasional Bunaken ini,” jelas Edhy saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR RI meninjau TN Bunaken di Provinsi Sulawesi Utara, Manado, Kamis (14/02/2019).

 

Usai meninjau keindahan alam menggunakan kapal wisata, Edhy menyampaikan masih ada beberapa hal yang perlu diupayakan Komisi IV DPR RI dalam melestarikan TN Bunaken tersebut.  “Dalam pengelolaan masih membutuhkan dukungan, mulai dari peningkatan anggaran, infrastruktur hingga bantuan kapal pariwisata untuk wisata edukasi,” terangnya seraya menyatakan akan mendorong peningkatan anggaran bagi pengembangan pariwisata Bunaken. 

 

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI Ibnu Multazam. Ia menilai TN Bunaken memiliki potensi yang bisa berlangsung bagi generasi penerus. “Tercatat sekitar 2000 spesies ikan tropis dan 390 jenis karang yang ada di Bunaken. Untuk itu Taman Nasional Bunaken ini perlu dilestarikan dan dijaga," jelasnya.

 

Untuk itu, ia mengajak semua masyarakat mampu berpartisipasi aktif dan secara besama-sama bertanggung jawab dalam melindungi dan merawar taman laut tersebut. “Bunaken merupakan ikon dunia, mari bangun kesadaran untuk melestarikannya. Manfaat pelestarian itu akan berguna bagi generasi kita, untuk itu kurangi penggunaan plastik karena limbah plastik merusak kehidupan laut,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Farianna Prababdari menyampaikan keluhan akan minimnya dana, hingga sarana prasarana yang belum memadani terutama dalam upaya pariwisata edukasi. (rnm/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
KKP Diminta Optimalkan Pembangunan Balai Benih Musi Rawas
19-02-2020 / KOMISI IV
Anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia mengapresiasi rencana kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait rencana pembangunan balai benih...
Legislator Suarakan Kesejahteraan PPL dalam Program AWR Kementan
19-02-2020 / KOMISI IV
Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), saat ini sudah memiliki model percontohan Agriculture War Room (AWR)...
Komisi IV Dukung Pelibatan Nelayan dalam Program KKP
19-02-2020 / KOMISI IV
Komisi IV DPR RI memberikan dukungan terhadap perubahan komposisi pagu anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanna (KKP) apabila program-program yang disusunnya...
Pengalihan Fungsi Lahan Harus Dapat Hukuman Jera
18-02-2020 / KOMISI IV
Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo meminta Pemerintah untuk tegas terhadap siapapun yang secara tanpa izin mengubah alih fungsi...