Komisi X Harapkan Pengadaan Buku Perpusda Ambon Sesuai Kebutuhan

18-02-2019 / KOMISI X

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih Foto : Singgih/mr

 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih memberikan saran kepada Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Ambon agar judul koleksi buku-buku perpustakaan disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi daerahnya, sehingga akan lebih menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, dari pantauannya, saat ini koleksi buku yang dimiliki Perpusda Ambon tidak menarik, bahkan bisa disebut tidak relevan.

 

“Perpustakaan Ambon kan membina 23 perpustakaan di desa, mestinya buku-buku yang disajikan itu sesuai dengan kebutuhan desanya. Misalnya, buku tentang budi daya ikan, budi daya tanaman dan buku-buku yang berkaitan kebutuhan pengetahuan masyarakat di desa,” ungkap Fikri saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Ambon, Maluku, Jumat (15/2/2019).

 

Lebih lanjut Fikri menyampaikan, jika pengunjung Perpusda yang datang kebanyakan pelajar, maka buku-buku yang disajikan juga buku-buku yang berkaitan dengan kebutuhan mereka dan ini sangat minim di Perpusda Ambon. Ia menilai bahwa buku-buku yang disajikan di Perpusda Ambon, buku-buku yang sangat serius dan berat-berat pembahasannya.

 

“Jika judul buku-buku yang ada di Perpusda Ambon terlalu berat, maka sulit untuk menarik orang untuk membacanya. Untuk menarik minat baca maka perlu disediakan judul-judul buku yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” ujar legislator PKS ini.

 

Fikri menambahkan, pihaknya menyerahkan alokasi pengadaan buku oleh Perpusda Ambon yang berasal dari bantuan Perpustakaan Nasional sebesar Rp 200 juta. Namun pihaknya menyarankan agar pengadaan bukunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Ambon.

 

Legislator dapil Jawa Tengah itu juga berharap, pengadaan buku itu diharapkan nanti bisa membantu 23 perpustakaan yang ada di desa di wilayah Ambon. “Tentunya bukunya harus yang ramah dan isinya bisa membantu mereka di di desa dalam memberikan edukasi-edukasi masyarakatnya,” pesan Fikri. (skr/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Serapan Lapangan Kerja SMK Minim
27-01-2020 / KOMISI X
Serapan lapangan kerja untuk para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ternyata masih sangat minim. Data menunjukkan serapan tenaga kerja SMK...
PNFI Harus Diprioritaskan di Daerah Kepulauan
27-01-2020 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR RI Djohar Arifin menegaskan bahwa Pendidikan Non Formal-Informal (PNFI) harus dijadikan prioritas utama di daerah-daerah kepulauan....
PNFI Berperan dalam Pembangunan Pendidikan di Indonesia
27-01-2020 / KOMISI X
Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi...
PNFI Penggerak Ekonomi Masyarakat
24-01-2020 / KOMISI X
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian memastikan, pihaknya akan terus mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengarusutamakan...