Pemerintah Diminta Jaga Stabilitas Harga Bawang Merah

20-03-2019 / KOMISI XI

Anggota Komisi XI DPR RI Wilgo Zainar. Foto: Ria/jk

 

Anggota Komisi XI DPR RI Wilgo Zainar meminta pemerintah menjaga stabilitas harga bawang merah di Sumatera Barat. Pasalnya, bawang merah merupakan komoditas unggulan yang memberi kontribusi besar terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani, serta penyumbang inflasi. 

 

“Pemerintah perlu menjaga stabilitas harga bawang merah. Petani menyampaikan harga bawang merah cenderung turun saat panen raya, bisa Rp 7 ribu per kilogram,” jelasnya usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI dengan petani bawang merah dan meninjau lahan bawang merah di Kabupaten Solok, Sumbar, Selasa (19/3/2019). 

 

Lebih lanjut politisi Partai Gerindra itu mengatakan, para kelompok tani di Solok berhasil memproduksi bawang setiap hari mencapai 250 ton, namun saat harga jatuh, Bulog hanya bisa menampung 1 ton per hari. "Ini harus dicarikan solusi," tegas legislator dapil Nusa Tenggara Barat itu.

 

Hal senada disampaikan Anggota Komisi XI DPR RI Refrizal. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu meminta Bulog menyerap produksi bawang merah kelompok di Sumbar. Menurutnya, jika harga bawang tidak terkendali, akan menyebabkan kenaikan inflasi. 

 

“Ketika harga bawang turun, harusnya diserap oleh Bulog agar masyatakat tidak rugi. Selain itu, ke depan petani agar bawang merah dapat diolah menjadi bawang goreng, minyak bawang atau sebagainya, agar stabilitas harga tetap terjaga," jelasnya. 

 

Terakhir, ia mengatakan, sebagai wakil rakyat dari dapil Sumbar, ia akan mengawal dan memperjuangkan solusi dari permasalahan yang ada di Sumbar. (rnm/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
PSN 2020 Harus Bantu Pulihkan Perekonomian Nasional Pasca Covid-19
05-06-2020 / KOMISI XI
Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak COVID-19 pada...
Pemerintah Perlu Pastikan Protokol ‘New Normal’ Tersinergi Antara Kesehatan dan Ekonomi
05-06-2020 / KOMISI XI
Pemerintah tengah merencanakan pelonggaran PSBB dengan ketentuan new normal atau normal baru. Langkah persiapan ini dilakukan agar masyarakat dapat beradaptasi...
Program Pemulihan Ekonomi Nasional Lebih Tepat Disebut sebagai Stimulus Fiskal
04-06-2020 / KOMISI XI
Pemerintah kembali merevisi total biaya penanganan Covid-19 kedalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan pertambahan anggaran dari Rp 405,1 triliun...
Bongkar Pasang APBN-P 2020, Bukti Data dan Asumsi Tidak Kredibel
03-06-2020 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir menilai bongkar pasang postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Tahun...