Pemerintah Diminta Jaga Stabilitas Harga Bawang Merah

20-03-2019 / KOMISI XI

Anggota Komisi XI DPR RI Wilgo Zainar. Foto: Ria/jk

 

Anggota Komisi XI DPR RI Wilgo Zainar meminta pemerintah menjaga stabilitas harga bawang merah di Sumatera Barat. Pasalnya, bawang merah merupakan komoditas unggulan yang memberi kontribusi besar terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani, serta penyumbang inflasi. 

 

“Pemerintah perlu menjaga stabilitas harga bawang merah. Petani menyampaikan harga bawang merah cenderung turun saat panen raya, bisa Rp 7 ribu per kilogram,” jelasnya usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI dengan petani bawang merah dan meninjau lahan bawang merah di Kabupaten Solok, Sumbar, Selasa (19/3/2019). 

 

Lebih lanjut politisi Partai Gerindra itu mengatakan, para kelompok tani di Solok berhasil memproduksi bawang setiap hari mencapai 250 ton, namun saat harga jatuh, Bulog hanya bisa menampung 1 ton per hari. "Ini harus dicarikan solusi," tegas legislator dapil Nusa Tenggara Barat itu.

 

Hal senada disampaikan Anggota Komisi XI DPR RI Refrizal. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu meminta Bulog menyerap produksi bawang merah kelompok di Sumbar. Menurutnya, jika harga bawang tidak terkendali, akan menyebabkan kenaikan inflasi. 

 

“Ketika harga bawang turun, harusnya diserap oleh Bulog agar masyatakat tidak rugi. Selain itu, ke depan petani agar bawang merah dapat diolah menjadi bawang goreng, minyak bawang atau sebagainya, agar stabilitas harga tetap terjaga," jelasnya. 

 

Terakhir, ia mengatakan, sebagai wakil rakyat dari dapil Sumbar, ia akan mengawal dan memperjuangkan solusi dari permasalahan yang ada di Sumbar. (rnm/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pemerintah Diminta Serius Tangani Peningkatan Jumlah Pengangguran
14-11-2019 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam meminta pemerintah serius tangani peningkatan angka pengangguran. Menurutnya, saat ini tekanan terhadap...
Komisi XI Pertanyakan Strategi BI Hadapi Krisis Ekonomi
12-11-2019 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Ramson Siagian mempertanyakan strategi Bank Indonesia (BI) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Di tengah...
Pertumbuhan Ekonomi Masih Ditopang Komsumsi RT
08-11-2019 / KOMISI XI
Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia ternyata masih ditopang konsumsi rumah tangga (RT). Tanpa konsumsi RT, angka pertumbuhan bisa merosot tajam. Dengan...
Pemerintah Harus Usut Tuntas Desa Fiktif Penerima Dana Desa
07-11-2019 / KOMISI XI
Keberadaan desa fiktif, atau desa yang tidak berpenghuni namun menerima Dana Desa mengemuka dalam rapat kerja Komisi XI DPR RI...