Pelaporan Siskeudes Bali Hadapi Berbagai Kendala

02-04-2019 / KOMISI XI

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir. Foto: Puntho/rni

 

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir menyoroti sistem pelaporan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) 2.0 di Provinsi Bali yang banyak menemukan kendala. Hafisz menilai, hal tersebut mengakibatkan terlambatnya laporan keuangan masuk dari aparatur desa ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

 

“Sistem pelaporan Siskeudes banyak menemukan kendala. Sehingga, banyak sekali keterlambatan laporan keuangan dari desa ke BPKP,” ujar Hafisz usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR dengan Pemerintah Provinsi Bali, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, BPS, BPK dan BPKP, di Gedung Perwakilan BI, Bali, Senin (01/4/2019).

 

Legislator daerah pemilihan (dapil) Sumatera Selatan I ini mengingatkan, perangkat desa beserta jajarannya jangan sampai dibuat confused oleh sistem yang ada. Hafisz mendorong BPKP, agar sistem pelaporan harus dibuat mudah mungkin.

 

“Ini yang harus kita selaraskan, sehingga sistem pelaporan Siskeudes 2.0 ini harus mudah dan tidak mempersult. Sistem pelaporan ini jangan menjadi momok,” tandas politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

 

Hafisz menilai, mengingat dana untuk pembangunan desa digelontorkan setiap tahun, maka tidak mungkin karena tidak adanya laporan, lantas uangnya ditahan. Hal tersebut mustahil dilakukan, karena akan menghambat pertumbuhan desa tersebut.

 

“Jangan sampai, oleh karena ketidakmampuan satu-dua orang dalam membuat laporan, lantas mengakibatkan desa tersebut tidak bisa membangun. Jika dilakukan, itu artinya sama saja kita menghambat pertumbuhan desa tersebut. Hal ini yang kita minta kepada BPKP supaya mencarikan solusi,” pungkas Hafisz. (pun/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pemerintah Diminta Serius Tangani Peningkatan Jumlah Pengangguran
14-11-2019 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam meminta pemerintah serius tangani peningkatan angka pengangguran. Menurutnya, saat ini tekanan terhadap...
Komisi XI Pertanyakan Strategi BI Hadapi Krisis Ekonomi
12-11-2019 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Ramson Siagian mempertanyakan strategi Bank Indonesia (BI) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Di tengah...
Pertumbuhan Ekonomi Masih Ditopang Komsumsi RT
08-11-2019 / KOMISI XI
Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia ternyata masih ditopang konsumsi rumah tangga (RT). Tanpa konsumsi RT, angka pertumbuhan bisa merosot tajam. Dengan...
Pemerintah Harus Usut Tuntas Desa Fiktif Penerima Dana Desa
07-11-2019 / KOMISI XI
Keberadaan desa fiktif, atau desa yang tidak berpenghuni namun menerima Dana Desa mengemuka dalam rapat kerja Komisi XI DPR RI...