Embarkasi Haji Antara Riau Sudah Representatif

04-04-2019 / KOMISI VIII

Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti. Foto: Tiara/rni

 

Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti menilai fasilitas dan infrastruktur Embarkasi Haji Antara Riau sudah representatif. Baik ruang tidur, ruang makan dan fasilitas lain dinilai sudah cukup bagus. Namun ia mendorong adanya penghijauan di area embarkasi, sehingga menambah suasana yang lebih asri.

 

“Menurut saya perlu penghijauan di area luar, karena masih gersang. Apalagi  iklim di Riau panas. Ditambah jemaah kita banyak yang lansia, jika kekurangan oksigen dikhawatirkan bisa memicu penyakit,” ungkap Endang usai mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI meninjau Embarkasi Haji Antara Riau, Pekanbaru, Riau, Senin (01/4/2019). 

 

Endang pun mendorong sinergi antara pemerintah provinsi (pemprov) dan Kementerian Agama untuk mempersiapkan sejumlah fasilitas pendukung tersebut agar nantinya menjadi lebih matang. "Syarat utamanya sudah terpenuhi hanya saja tingkat kenyamanan perlu didiskusikan. Namun itu bukan lagi halangan karena secara umum sudah memenuhi standar embarkasi haji antara," imbuh Endang.

 

Dengan dioperasikannya Embarkasi Haji Antara Riau, maka nantinya calon jemaah Haji dari Provinsi Riau tidak lagi perlu menginap di Batam, Kepulauan Riau. Politisi daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat III itu menilai hal ini dapat lebih memudahkan dan sangat membantu meringankan beban calon jemaah Haji. 

 

“Melalui Embarkasi Haji Antara Riau ini juga menguntungkan bagi jemaah Haji yang ada di dua belas kabupaten kota se-Riau, daripada mereka harus membeli tiket dan menggunakan kendaraan sendiri ke Batam, tentu jauh lebih sulit kondisinya,” jelas politisi Partai Golkar ini. 

 

Untuk itu Endang mengimbau kepada Kementerian Agama untuk segera menerbitkan SK Embarkasi Haji Antara. Dirinya juga mendorong Direktorat Jenderal Penyelenggaran Ibadah Haji dan Umrah (Ditjen PHU) untuk segera merealisasikan embarkasi secepatnya. “Komunikasi tentunya berjalan dan tidak berhenti. Kita terus follow up Ditjen PHU, sehingga Pemprov Riau bisa lebih matang mempersiapkan layanan jemaah Haji ini,” imbuhnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyudin menyambut baik kunjungan Komisi VIII DPR RI ke Provinsi Riau. Mahyudin menyatakan kunjungan ini dinilai penting, khususnya fokus pada persiapan untuk segera terwujudnya embarkasi Haji antara Riau. “Semoga melalui kunjungan uni SK Embarkasi Haji Antara Riau bisa segera dikeluarkan,” harapnya. (tra/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kemensos dan BNPB Didesak Beri Edukasi Kebencanaan Warga
15-01-2020 / KOMISI VIII
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mendesak pemeritah memberikan edukasi kebencanaan. Pasalnya, di daerah terdampak banjir yang...
Anggaran Kemensos dan BNPB Harus Ditingkatkan
14-01-2020 / KOMISI VIII
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menilai alokasi anggaran program perlindungan sosial korban bencana alam Kementerian Sosial tahun 2020...
Bantuan Pendidikan Anak Korban Banjir Harus Diprioritaskan
06-01-2020 / KOMISI VIII
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily minta kepada Kementerian Sosial dan Pemerintah Daerah agar bantuan banjir diprioritaskan...
Legislator Ajak Masyarakat Galakkan Budaya Gotong Royong
27-12-2019 / KOMISI VIII
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily, meresmikan Pipanisasi air bersih di kampung Bunikasih, Desa Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten...