IFW Batam Harus Produksi Konten Budaya Indonesia

03-05-2019 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat. Foto: Ica/jk

 

 

Infinite Frameworks (IFW) Studio di Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) diimbau memproduksi konten film bermuatan lokal yang syarat dengan kebudayaan Indonesia. Hasil produksi anak bangsa itu nantinya bisa dipasarkan ke luar negeri. Peran Pemerintah Kota Batam sangat dibutuhkan dalam mendorong industri ekonomi kreatif.

 

“Komisi X berharap IFW jke depan dapat memproduseri hasil karya kita sendiri dengan konten-konten kebudayaan Indonesia yang lebih banyak lagi, serta dapat dipasarkan, baik di dalam maupun luar negeri,” jelas Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi X DPR RI meninjau IFW di Batam, Kepri, Kamis (2/5/2019)

 

Komisi X DPR RI juga mendorong Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) aktif membina IFW serta melakukan pertemuan dengan para produser di Indonesia untuk membuat konten film maupun animasi yang memiliki konten kebudayaan Indonesia. Ini penting sebagai promosi kebudayaan dan pariwisata pada dunia internasional.

 

Di sisi lain, Komisi X DPR RI juga menyoroti sektor pendidikan di Kota Batam. Mujib mengimbau agar meningkatkan literasi dan sosialisasi wajib belajar 12 tahun. Itu penting untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Batam sendiri. Namun, kini persoalan di Batam adalah jumlah guru non aparatur sipil negara (ASN) lebih banyak daripada guru ASN.

 

“Ini memang masalah nasional. Karena itu, Komisi X meminta kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, supaya lebih selektif dalam zero growth. Zero growth itu berarti tidak boleh ada pertumbuhan PNS (ASN) lagi. Akan tetapi, kalau itu dilakukan secara umum, terutama untuk jabatan profesi khusus seperti guru, nanti malah diisi oleh orang-orang yang tidak sesuai dengan bidangnya,” ujar Mujib.

 

Politisi Partai Golkar itu menekankan, Pemerintah harus selektif membuat kebijakan terkait zero growth, terutama yang berhubungan dengan jabatan keahlian khusus, seperti guru, dokter, ataupun penyuluh. (ica/mh)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Lulusan SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar di Banten
10-12-2019 / KOMISI X
Provinsi Banten dikaruniai posisi strategis, dimana letaknya dekat dengan Ibu Kota Negara Indonesia, Banten juga merupakan daerah sejuta industri, mulai...
Pendidikan Vokasi Harus Buat Terobosan
09-12-2019 / KOMISI X
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf M Effendi menegaskan agar pendidikan vokasi melakukan terobosan. Pasalnya, saat ini menurut...
Revisi UU Sisdiknas Harus Menjawab Isu Mendasar
05-12-2019 / KOMISI X
Revisi UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang diinisiasi Komisi X DPR RI diharapakan menjawan berbagai isu penting dan...
Guru Perlu Terus Berinovasi di Era Teknologi
03-12-2019 / KOMISI X
Perkembangan era teknologi dan mudahnya mengakses informasi seperti saat ini, seoarang guru harus melakukan peka terhadap perkembangan yang mempengaruhi proses...