Komisi XI Pastikan Kesiapan Perbankan dan Industri Keuangan Jatim Hadapi Lebaran

27-05-2019 / KOMISI XI

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan Foto : Devi/mr

 

 

Komisi XI DPR RI memastikan kesiapan pihak perbankan dan industri keuangan Provinsi Jawa Timur, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT. Jasa Raharja (Persero), dan PT. Pegadaian (Persero) dalam rangka memberikan pelayanan yang prima selama bulan suci Ramadan dan menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

 

“Sebab biasanya pada saat Idul Fitri ini tingkat kebutuhan masyarakat akan uang cash pasti meningkat. Selain itu tingkat mobilitas masyarakat  juga akan lebih meningkat pula,” ucap Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI ke Provinsi Jawa Timur, Senin (27/5/2019).

 

Dikatakan politisi Partai Demokrat itu, seluruh perbankan dan industri keuangan yang ada di Provinsi Jawa Timur harus siap untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, salah satunya adalah menyangkut ketersediaan uang cash.

 

“Selain itu, kita juga memandang perlu adanya langkah-langkah antisipasi terhadap peredaran uang palsu. Karena waktu-waktu seperti ini terkadang dijadikan kesempatan oleh pihak-pihak tertentu yang ingin menyebarkan uang palsu. Kita ingin pastikan hal itu tidak terjadi di tengah masyarakat kita," ujarnya.

 

Politisi dapil Lampung II mengatakan, dari paparan yang disampaikan oleh semua stakeholder mitra kerjan Komisi XI DPR RI dalam pertemuan, dirinya mengaku optimis bahwa perbankan dan industri keuangan di Jawa Timur, khususnya di Banyuwangi dan sekitarnya, mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

 

Dalam kesempatan itu, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jatim menyatakan bahwa secara umum likuiditas perbankan berupa uang tunai dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa dan menjelang Lebaran.

 

Hal itu dikarenakan ketersediaannya ditambah sebesar 1,5 sampai dengan 2 kali dari hari-hari biasanya. Penyediaan uang tunai tersebut dilakukan diseluruh jaringan kantor dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar diberbagai tempat, dimana ketersediaannya juga tetap terus dipantau dengan seksama. (dep/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ekonomi Global Lesu, Masih Ada Peluang Tingkatkan Ekonomi 2020
27-01-2020 / KOMISI XI
Kondisi perekonomian global yang tengah melesu, tak menyurutkan Komisi XI DPR RI untuk mengapresiasi kinerja Bank Indonesia (BI). Selaku pemegang...
Alokasi PMN Untuk Sektor Energi Panas Bumi Masih Rendah
24-01-2020 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan menyayangkan masih kurangnya Penyertaan Modal Negara (PMN) yang didapatkan PT. Geo Dipa Energi...
Program Biodiesel Sangat Strategis Bagi Negara
24-01-2020 / KOMISI XI
Program yang sedang dicanangkan Pemerintah berupa pemanfaatan sawit untuk biodiesel dinilai sangat strategis bagi kepentingan negara. Selain sebagai energi terbarukan...
Pastikan PMN Berjalan Efektif, Komisi XI Dukung PT. Geo Dipa Kembangkan EBT
24-01-2020 / KOMISI XI
Komisi XI DPR RI berkomitmen akan terus mengawasi penggunaan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) yang bersumber dari APBN kepada PT....