Komisi III Tinjau Kesiapan Polda Banten Hadapi Lebaran

31-05-2019 / KOMISI III

Wakil ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa. Foto : Ria/mr

 

Keamanan menjadi salah satu hal yang sering menjadi masalah menjelang Hari Raya Idul Fitri. Guna melaksanakan fungsi pengawasan dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dan pemeliharaan keamanan dan ketertiban, Komisi III DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke Provinsi Banten, yang merupakan salah satu jalur pemudik ke Sumatera.

 

“Ini kan merupakan siklus yang terjadi setiap tahun, pasti ada perbaikan setiap tahunnya. Kami mohon penjelasan Polda dalam pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri ini,” kata Wakil ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa saat membuka pertemuan Tim Kunspek Komisi III DPR RI dengan jajaran Polda Banten dan mitra kerja terkait di Mapolda Banten, Rabu (29/5/2019).

 

Dijelaskan Kapolda Banten, untuk pengamanan Lebaran tahun 2019, pihaknya telah menyiapkan personel sebanyak 1705 polisi, dengan dibantu 450 prajurit TNI. Adapun tempat yang menjadi pengamanan ada 452 titik. Selanjutnya, jumlah posko yang disiapkan ada 39 posko pengamanan dan 8 posko pelayanan.

 

Untuk mengurai kemacetan dari 8 kilometer setiap tahunnya menjadi 5 kilometer, pihaknya telah berupaya untuk berkoordinasi dengan pihak penyedia jalan tol di keluar masuk wilayah Banten, serta berupaya membuka jalur pelabuhan.

 

Mendengar penjelasan itu, Anggota Komisi III DPR Ichsan Soelistio mengapresiasi persiapan yang dilakukan oleh Polda Banten. Ia berharap langkah yang dilakukan Polda Banten tahun ini dapat mengurangi kemacetan dan menciptakan keamanan bagi masyarakat.

 

Hal senada juga disampikan Anggota Komisi III DPR RI M. Nasir Djamil. “Personel sudah disiapkan untuk menghadapi mudik, posko dan titik pengamanan juga sudah dijaga agar kondusif. Untuk itu kita berharap masyarakat sendiri mampu mematuhi lalu lintas dan bekerjasama dengan polisi lalu lintas untuk menghindari kecelakaan,” jelasnya. (rnm/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pentingnya Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran Mitra Kerja Komisi III
21-09-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menegaskan tentang pentingnya transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran di mitra kerja Komisi III...
Legislator Nilai Langkah Gubernur Jateng Tepat Atasi Pencemaran Sungai
20-09-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy menyatakan langkah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dinilai tepat dalam...
Eva Yuliana Dorong Keimigrasian Terus Perketat Lalu Lintas WNA
20-09-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana mendorong Kantor Imigrasi Kelas I Semarang, Jawa Tengah, untuk terus berpedoman pada asas...
Komisi III Apresiasi Jateng Tekan Penyebaran Covid-19
19-09-2020 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengapresiasi langkah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dalam menekan angka penularan...