BURT DPR RI HARAPKAN DUKUNGAN KEAHLIAN UNIVERSITAS

24-02-2011 / B.U.R.T.

Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI mengharapkan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin memberikan dukungan dari sisi keahlian terhadap tugas dan fungsi Dewan maupun dalam membangun Rencana Strategis DPR kedepannya.

Pendapat tersebut disampaikan oleh wakil Ketua BURT Pius Lustrilanang, saat mengadakan sosialisasi Rencana Strategi DPR di Ruang Rektorat Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalsel, Kamis, (24/2).

"Tujuan kita bertatap muka dengan cendikiawan di Universitas Lambung Mangkurat yaitu menyampaikan sosialisasi renstra DPR periode 5 tahun ini, dan diharapkan para cendikiawan dapat memberikan dukungan yang sifatnya keahlian,"terangnya.

Menurut Pius, DPR akan terus berupaya memperbaiki kualitasnya mulai dari proses pembuatan UU, proses budgeting maupun pengawasan. "kita berharap dapat terlahir kerjasama dengan adanya sosialisasi ini,"katanya.

Pius menambahkan, secara bersamaan Tim BURT juga mengadakan sosialisasi kebeberapa Universitas terkemuka di Indonesia diantaranya yaitu Unair, Universitas Gajah Mada dan Universitas andalas. "Rencananya kita akan berkunjung ke-10 perguruan tinggi yang mewakili provinsi di Indonesia dan kita memilih universitas yang berpengaruh terhadap kebijakan
publik,"katanya.

Menyinggung banyaknya kritikan terhadap BURT, Pius menjelaskan, sebaiknya kita melihat secara menyeluruh jangan melihat sepotong-potong program yang ada. "Jika melihat sepotong memang terlihat hanya anggaran semata, namun semuanya itu merupakan bagian rencana besar DPR,"paparnya.

Dia mengatakan, langkah ini merupakan bagian rencana DPR jangka panjang yang muaranya memberikan terbaik buat rakyat Indonesia.

Ditanya mengenai Kalsel yang sering diabaikan pemerintah pusat, Pius mengatakan, politik anggaran selama ini belum mencerminkan keadilan di daerah-daerah yang telah memberikan kontribusi terbanyak untuk pemerintah pusat. Mereka seringkali diabaikan oleh pusat. "Ini merupakan bagian aspirasi daerah yang banyak muncul dan banyak terjadi di Indonesia bagian timur lainnya,"katanya.

Karena itu, lanjut Pius, dirinya berjanji akan memperjuangkan politik anggaran yang berkeadilan. "Ini merupakan tugas kita, kalau tidak lebih baik dari sebelumnya kita tidak  melakukan apa-apa,"terangnya. (si)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Fasilitas RS Yasmin Banyuwangi Cukup Memadai
20-09-2019 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti menilai program Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) yang diselenggarakan oleh...
Pelayanan Jamkestama RS Yasmin Banyuwangi Penuhi Persyaratan
20-09-2019 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Nurhayati Monoarfa mendapatkan bahwa Rumah Sakit (RS) Yasmin Banyuwangi masih terakreditasi...
HUT Ke-74 RI Momentum Wujudkan Cita-Cita Bangsa
16-08-2019 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti mengatakan hari Jumat ini adalah hari bersejarah dan hari...
Setjen dan BK Harus Adaptif Hadapi Dinamika Perubahan
29-07-2019 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso menjelaskan, Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI...