Setjen DPR Jelaskan Tupoksi Komisi kepada DPRD Lebak

28-06-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Kepala Bagian Sekretariat Musyawarah Pimpinan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Restu Pramojo Pangarso menjelaskan mekanisme dan sistem kerja Komisi kepada DPRD Kabupaten Lebak, Banten. Selain itu, Restu juga menjelaskan terdapat perbedaan pertanggungjawaban dalam hal anggaran DPR RI dan DPRD. Anggaran Anggota DPR RI bersifat lumpsum, sementara Anggota DPRD bersifat adcost yang artinya, pembayaran yang dilakukan sekaligus dalam satu waktu.

 

Restu juga menyampaikan bahwa seluruh kegiatan yang ada pada Komisi DPR RI, melekat dengan tugas dan fungsi dewan yaitu, fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Pengaturan dalam pelaksanaan fungsi dewan tersebut juga harus didukung oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap komisi.

 

“Kami menjelaskan pertanggungjawaban yang harus dilakukan DPRD Lebak kepada masyarakat maupun publik yaitu adanya bentuk laporan kinerja. Karena di DPRD itu kan memang harus lebih detail lagi laporannya terutama dalam hal anggaran,” ungkap Restu saat menerima kunjungan audiensi DPRD Kabupaten Lebak di Ruang Rapat Karosid I, Gedung Setjen dan BK DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (28/6/2019).

 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lebak Neng Siti Julaeha membenarkan bahwa diperlukan adanya pembukuan laporan kinerja pada DPRD Kabupaten Lebak.  Hal itu dibenarkan dengan adanya catatan-catatan kinerja yang sudah dilakukan, hingga akhir periode yang dapat mempermudah pertanggungjawaban di mata masyarakat.

 

“Terkait laporan kinerja yang ada di DPR berbeda dengan di DPRD. Kalau di DPR kan dilakukan dalam setiap satu tahun sidang, yang mana tahun sidang atau tahun anggaran dimulai dari 16 Agustus hingga 15 Agustus di tahun berikutnya. Nah kalau di DPRD itu sendiri waktu tahun sidang dan tahun anggarannya sama yaitu dimulai pada bulan Januari.” tutupnya. (hnm/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Setjen DPR Lepas 9 Pegawai Purna Bakti
29-05-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretariat Jenderal DPR RI melepas 9 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa purna bakti pada 1 April, 1 Mei,...
Satgas Covid-19 Setjen DPR Siapkan Rencana ‘New Normal’
27-05-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal DPR RI Rahmad Budiaji mengatakan bahwa saat ini Setjen DPR RI tengah melakukan persiapan menuju...
Akses Masuk Area Gedung DPR akan Gunakan ‘Smartcard’
27-05-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menerima 1.866 Smartcard yang merupakan buah kerja sama DPR RI atau Sekretariat Jenderal...
124 CPNS DPR Dilantik
20-05-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar melantik 124 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan...