Perda Irigasi Harus Menjadi Perhatian DPRD Banyuwangi

09-07-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Kepala Pusat Perencanaan Undang-Undang Badan Keahlian (BK) DPR RI Inosentius Samsul menjelaskan, terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan oleh DPRD Kabupaten Banyuwangi dalam pembahasan Peraturan Daerah (Perda) Jaringan Irigasi. Menurut Sensi, sapaan akrabnya, aspek teknis dan aspek politiknya perlu diperhatikan.

 

“Seperti bagaimana penempatan irigasi yang melibatkan masyarakat serta mekanisme kontrol yang dapat dilakukan oleh DPRD Kabupaten Banyuwangi terhadap kerja tim teknis," ujar Sensi usai menerima kunjungan konsultasi DPRD Kabupaten Banyuwangi, di Ruang Rapat BK DPR RI, Gedung Setjen dan BK DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

 

Lebih lanjut Sensi menjelaskan, perlu adanya pengaturan khusus dalam undang-undang untuk mengantisipasi penetapan kompensasi jika terjadi penggeseran lahan, seperti ganti kerugian. Di samping itu, terdapat Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 28 tahun 2019 tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai dan Garis Sempadan Danau yang dijadikan tolak ukur dalam pembuatan Perda Jaringan Irigasi DPRD Banyuwangi.

 

Oleh karenanya, Peraturan Menteri (Permen) PUPR yang disusun Pemerintah Pusat dapat dijadikan sebagai arahan dan pedoman bagi daerah dalam mempunyai landasan hukum yang kuat. "Mereka boleh membuat peraturan yang didasarkan oleh kewenangan atributif yang artinya mengacu pada Permen,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi Ismoko mengatakan kendala yang dimiliki dalam pembuatan Perda, adalah adanya jaringan irigasi yang sudah dikuasi dan ditutup oleh bangunan kokoh dengan izin yang dipegang. Terkait hal tersebut, Ismoko berupaya agar dapat meyakinkan masyarakat bahwa menguasai aset negara adalah hal yang salah. (hnm,tfn/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Setjen DPR Lepas 9 Pegawai Purna Bakti
29-05-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretariat Jenderal DPR RI melepas 9 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa purna bakti pada 1 April, 1 Mei,...
Satgas Covid-19 Setjen DPR Siapkan Rencana ‘New Normal’
27-05-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal DPR RI Rahmad Budiaji mengatakan bahwa saat ini Setjen DPR RI tengah melakukan persiapan menuju...
Akses Masuk Area Gedung DPR akan Gunakan ‘Smartcard’
27-05-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menerima 1.866 Smartcard yang merupakan buah kerja sama DPR RI atau Sekretariat Jenderal...
124 CPNS DPR Dilantik
20-05-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar melantik 124 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan...