Komisi IX Lepas Keberangkatan JCH Banjarmasin

22-07-2019 / KOMISI IX

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ermalena Foto : Erlangga/mr

 

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI berkesempatan melepas keberangkatan 323 Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan kloter sembilan pada Senin (22/7/2019). Saat memimpin Tim Kunspek, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ermalena berpesan agar para JCH dapat menjaga kesehatan mereka selama berada di tanah suci.

 

Erma, sapaan akrabnya menambahkan bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan menjadi tamu Allah SWT di tanah suci, untuk itu hal pertama harus diperhatikan oleh JCH adalah kesehatan. Ia juga menegaskan bahwa kesehatan para jemaah selalu menjadi bahan evaluasi serius tiap penyelenggaraan Haji berakhir.

 

“Kalau sakit tidak akan bisa sempurna dalam melangsungkan ibadah Haji. Hal paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama di Saudi yaitu minum, walaupun tidak haus. Beda suhu negara kita dengan di sana karena panas sekali jadi harus minum banyak,” pesan Erma kepada JCH di Banjarmasin, Kalsel, Senin (22/7/2019).

 

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut juga mendorong agar JCH dapat mengurangi aktivitas di luar pemondokan, kecuali memang ingin melakukan ibadah. Ia menyebut bahwa tim kesehatan yang dikirim memang sudah profesional, namun apabila jemaah tidak menyadari batasan tubuh mereka tentunya akan merepotkan juga.

 

“Memang sudah ada tim yang siap melayani kemauan para JCH tersebut, namun tentu tidak ada artinya apabila JCH tidak membantu melayani dirinya sendiri. Jadi mereka yang sebenarnya paham tentang batasan tubuh mereka sendiri selama di sana. Kami semua di sini Insha Allah mendoakan para Jemaah Calon Haji agar mendapatkan Haji yang mabrur,” tegas Erma.

 

Selanjutnya dengan mengucap Basmallah, politisi dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut melepas JCH Embarkasi Banjarmasin, Kalsel dan mendoakan mereka untuk mendapat kemudahan dalam melaksanakan ibadah yang khusyuk. Dalam kesempatan tersebut, Tim Kunsepk Komisi IX DPR RI juga melangsungkan rapat dengan stakeholder membahas pelayanan kesehatan Haji.

 

Kunspek ini juga diikuti Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay (F-PAN) dan Putih Sari (F-Gerindra), serta Anggota Komisi IX DPR RI Hang Ali Saputra Syah Pahan (F-PAN), Suir Syam (F-Gerindra), Abidin Fikri (F-PDIP), Syamsul Bachri (F-PG), Nova Riyanti Yusuf (F-Demokrat), Handayani (F-PKB), Adang Sudrajat (F-PKS), Kartika Yudhisti (F-PPP), dan Amelia Anggraini (F-NasDem). (er/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tenaga Pengawas K3 Yogyakarta Perlu Ditambah
12-09-2019 / KOMISI IX
Kondisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Daerah Istimewa Yogyakarta masih banyak menghadapi kendala, baik dari sudut pandang pengusaha, pekerja,...
Komisi IX Luncurkan Buku Keberlangsungan Program JKN dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional
06-09-2019 / KOMISI IX
Komisi IX DPR RI meluncurkan buku putih berjudul “Keberlangsungan Program JKN dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional”. Buku ini berisi uraian...
Penolakan Kenaikan Iuran BPJS, Wujud Perlindungan pada Rakyat
04-09-2019 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Marinus Gea menegaskan, keputusan DPR RI untuk menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan khusus kelas 3...
Rencana Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Bebani Rakyat
03-09-2019 / KOMISI IX
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Putih Sari menyampaikan, jangan sampai kenaikan iuran premi BPJS Kesehatan membebani rakyat. Ia menyarankan...