Museum DPR Beri Edukasi kepada Masyarakat Boyolali

24-07-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Kepala Bidang Arsip dan Museum DPR RI Endang Suryastuti Foto : Agung/mr

 

Museum DPR RI ikut berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan “Museum Hadir Di Sekolah” di Pendopo Ageng Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, bersama dengan 11 museum lainnya. Kepala Bidang Arsip dan Museum DPR RI Endang Suryastuti mengatakan, melalui pameran ini, pihaknya memberikan berbagai pengetahuan dan sejarah tentang parlemen kepada para pengunjung, khususnya pelajar.

 

Dari hasil pantauan Parlementaria, pengunjung sangat antusias untuk mendapatkan informasi yang diberikan oleh anjungan Museum DPR RI. Baru hari pertama pameran dibuka, antusias pengunjung sudah luar biasa. Setidaknya ada 4000 pengunjung yang terdiri dari pelajar berbagai tingkat, seperti TK, SD, SMP dan SMA.

 

“Pada pameran ini Museum DPR RI memberikan edukasi tentang sejarah dewan kemudian ada kuis-kuis yang menarik. Sehingga anak-anak memahami tentang DPR, tapi tidak dengan kebosanan. Justru mereka senang belajar sejarah,” kata Endang, di Pendopo Ageng Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (22/7/2019).

 

Endang berharap, generasi muda memahami sejarah DPR, dan secara umum juga memahami sejarah bangsa. “Kami berharap anak-anak ini bisa memahami Dewan secara lebih jelas. Kami juga ingin menggugah masyarakat, dan melihat citra DPR tidak lagi dipandang sebelah mata. Dengan pameran ini, mereka akan memahami kinerja DPR,” tegasnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Boyolali Muhamad Said sangat mengaspresiasi terselenggaranya Pameran Pendidikan ini. Berdasarkan pantauannya, para pelajar begitu antusias melihat dan mengikuti secara langsung pameran ini. Menurutnya, dengan terselenggaranya pameran ini dapat membangun nilai-nilai karakter anak-anak bangsa dan membangun kesadaran bahwa sejarah itu adalah bagian yang tidak boleh dilupakan.

 

“Nilai perjalanan sejarah adalah bagian yang penting. Dan tentunya tugas kita dan tanggung jawab kita bersama untuk memahamkan, dengan memberikan pengetahuan bagi mereka. Sehingga tidak hilang kesadaran mereka bahwa kita semua berdiri tegak di atas tanah yang kita cintai yang bernama Republik Indonesia. Maka cinta kepada Tanah Air adalah bagian yang terpenting. Menghormati jasa pahlawan para pejuang ini adalah bagian yang harus terus kita buka dan kita ajarkan,” jelasnya. (as/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tenaga Ahli Harus Paham Peran Kesetjenan DPR
27-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Damayanti menegaskan, seorang Tenaga Ahli (TA) Anggota DPR RI harus...
DPRD Sinjai Harus Kawal Program Pemerintah Pusat
24-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Pusat Penelitian Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Indra Pahlevi mengatakan, DPRD Kabupaten Sinjai harus mengawal...
Badan Kehormatan Dewan Harus Berani Tindaklanjuti Aduan
23-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Persidangan II Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Cholida Indrayana mengatakan kepada DPRD Kota Ternate jika ingin...
Karosid II Setjen dan BK DPR Terima Audiensi 3 DPRD
23-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Persidangan II Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Cholida Indrayana mengatakan, komposisi pembagian Anggota Dewan pada Panitia...