Ketua DPR Apresiasi Penyelesaian 3 RUU

25-07-2019 / PARIPURNA

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo Foto : Geraldi/mr

 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penyelesaian 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) menjadi Undang-Undang (UU) pada Masa Persidangan V Tahun Sidang 2018-2019. Apresiasi itu ditujukan Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI itu, kepada seluruh Anggota DPR RI yang tetap konsisten dan semangat mengemban amanah rakyat meski dipenghujung  masa akhir jabatan.

 

“Kepada Pimpinan dan Anggota Komisi III serta Pansus, Pimpinan DPR menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras saudara-saudara menyelesaikan semua RUU tersebut,” kata Bamsoet dalam pidato Penutupan Masa Sidang Persidangan V TS 2018 – 2019 di hadapan Rapat Paripurna yang berlangsung di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

 

Sebagai informasi, RUU yang telah disahkan oleh DPR sebagai berikut. Pertama, RUU Pengesahan Perjanjian antara Republik Indonesia dan Republik Islam Iran tentang Bantuan Timbal Balik dalam Masalah Pidana. Kedua, RUU Pengesahan Perjanjian antara Republik Indonesia dan Republik Islam Iran tentang Ekstradisi. Pengesahan RUU tersebut diharapkan akan meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan dalam bidang pemberantasan tindak pidana antar kedua negara.

 

Terakhir, RUU tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek). RUU ini diharapkan menjadi nafas dan pedoman memajukan bangsa. Nantinya, RUU ini akan memberikan jaminan kepastian hukum bagi hasil penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Selain itu, politisi Partai Golkar itu juga menyampaikan harapannya untuk kabinet mendatang. Ia berharap agar mekanisme check and balances antara Pemerintah dan DPR tetap terjaga baik. Menurutnya, tegaknya mekanisme check and balances akan memperkuat sistem demokrasi dan pemerintahan.

 

“Apapun format dan wajah kabinet mendatang, kami berharap sebaiknya mekanisme check and balances, antara pemerintah dan DPR, tetap terjaga dengan baik, sesuai dengan amanat Konstitusi,” harap legislator dapil Jawa Tengah VII itu.

 

Tak lupa, Bamsoet mengucap syukur atas pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu. Ia mengajak masyarakat untuk bersatu kembali dan membangun bangsa demi kemajuan Indonesia. “Saatnya kita menatap ke depan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu kembali, bersama-sama membangun bangsa demi kemajuan negeri yang kita cintai,” ajaknya.

 

Di akhir pidatonya, Bamsoet menyampaikan DPR RI akan memasuki masa reses yang dimulai pada tanggal 26 Juli-15 Agustus 2019. Ia berpesan agar masa reses digunakan sebaiknya untuk menyerap aspirasi masyarakat. "Karena kunjungan kerja ini merupakan kunjungan kerja yang terakhir, maka jadikanlah kunjungan keja ini sebagai kenangan manis bagi masyarakat. Sekaligus jadikanlah kesempatan untuk menyampaikan rasa terima kasih karena dukungan dan doa dari masyarakat kita dapat selesaikan tugas dan amanah rakyat sebaik-baiknya sampai akhir," tutup Bamsoet. (ann/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ekonomi Diyakini Akan Tumbuh Lebih Tinggi Pada 2020
23-08-2019 / PARIPURNA
Setelah mencermati Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 beserta nota keuangannya, Fraksi Partai Golkar (F-PG)...
RAPBN Harus Tingkatkan Kualitas SDM
23-08-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi II DPR RI Sudiro Asno menegaskan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 harus mengutamakan peningkatan kualitas...
Siklus Pembiayaan Utang dengan Berutang Harus Segera Diatasi
22-08-2019 / PARIPURNA
Fraksi Partai Gerindra DPR RI berpandangan praktik pembiayaan utang yang membawa Indonesia pada siklus pembiayaan utang dengan berutang adalah kondisi...
RAPBN 2020 Harus Tingkatkan Kualitas SDM
22-08-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hatari mengatakan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2020 yang diusulkan pemerintah...