PSBI Juga Harus Beri Pendampingan Masalah Hukum Bagi Petani

31-07-2019 / KOMISI XI

Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait Foto : Erman/mr

 

Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait mengatakan Bank Indonesia (BI) dalam menjalankan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tidak hanya memberikan pendampingan kepada petani terkait bidang ekonomi dan teknis pertanian saja, melainkan juga harus memberikan pendampingan kepada petani yang tersangkut masalah hukum seperti konflik kepemilikan tanah.

 

“Bila terjadi konflik tanah, BI harus sudah memiliki pemetaan tanah mana yang masuk kategori bisa diperjuangkan atau tidak. Harus kita dorong berdasarkan kondisi ril yang ada,” kata politisi yang akrab disapa Ara, saat mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI dengan BI Jatim, OJK, Gapoktan Mitra Arjuna di Kota Batu, Malang, Jawa Timur (29/7/2019).

 

Ara menambahkan bahwa kunjungan kerja ini harus bermakna terutama bagi petani. Ia juga meminta kedepan agar langsung dipertemukan dengan petani, dengan harapan bila ditemukan permasalahan pada tingkatan petani, bisa langsung dipetakan dan diperjuangkan.

 

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo mengapresiasi BI dengan PSBI yang membina Gapoktan Mitra Arjuna, yang sudah berhasil mengekspor ketang hingga ke Singapura. Ia berharap keberhasilan Gapoktan Mitra Arjuna dapat diikuti oleh Gapoktan lain di seluruh Indonesia.

 

“Dalam hal ini kita ingin bahwa sebetulnya kelompok-kelompok tani itu bisa meniru apa yang dilakukan Gapoktan Arjuna ini. Katakanlah petani-petani di Indonesia harus naik kelas. Bukan lagi sebatas menjadi petani modern yang hanya memproduksi saja, tetapi petani kita juga harus bisa mengekspor,” harap politisi dapil Jawa Timur V itu.

 

Saat ini, lanjut politisi Fraksi PDI Perjuangan itu, Gapoktan Mitra Arjuna sudah banyak menularkan ilmu dan pengalamannya kepada Gapoktan lain yang melakukan studi banding. “Succes story ini bisa dipakai sebagai acuan untuk Gapoktan di daerah lain,” tutup Andreas. (es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi XI Tetapkan Anggota BPK 2019-2024
25-09-2019 / KOMISI XI
Setelah menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi XI DPR RI menetapkan 5...
Komisi XI Gelar Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Anggota BPK
23-09-2019 / KOMISI XI
Komisi XI DPR RI melakukan uji kepatutan dan uji kelayakan terhadap 18 orang calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI...
Juliari Gantikan Prakosa Pimpin Komisi XI
23-09-2019 / KOMISI XI
Anggota DPR RI Juliari P. Batubara menggantikan rekan sefraksinya di Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan M. Prakosa untuk memimpin Komisi...
KUR Mampu Persempit Disparitas dan Kesenjangan Ekonomi
11-09-2019 / KOMISI XI
Komisi XI DPR RI ingin memastikan kredit usaha rakyat (KUR) yang mengucur kepada masyarakat benar-benar produktif. KUR bukan hanya mampu...