Komisi V Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan di Bali

06-08-2019 / KOMISI V

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus. Foto: Kiki/rni

 

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus mendorong Pemerintah untuk segera mempercepat pembangunan empat pelabuhan untuk memajukan pariwisata Bali. Lasarus menjelaskan empat pelabuhan itu adalah Pelabuhan Sanur, Padangbai, Nusa Lembongan, dan Nusa Gede. Diharapkan, dengan adanya pelabuhan ini dapat menunjang pariwisata Bali.

 

“Nanti ada empat pelabuhan yang akan dibangun. Pertama di Sanur, kemudian Padangbai, Nusa Lembongan, dan Nusa Gede. Akan kita dorong untuk menunjang pariwisata di Bali,” kata Lasarus saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI meninjau infrastruktur dan transportasi Bali, Senin (5/8/2019).

 

Legislator PDI-Perjuangan ini sangat menyayangkan sampai pada saat ini belum ada pelabuhan yang layak dan memadai bagi wisatawan dari luar negeri dan dalam negeri, maupun warga lokal untuk menuju Nusa Penida yang merupakan salah satu destinasi wisata dengan jumlah wisatawan yang terus meningkat dan lokasi upacara adat agama Hindu terbesar di Bali.

 

“Memang ada kesulitan turun naik kapal, ketika mau ke Nusa Penida demikian pula sebaliknya, karena belum ada pelabuhan penyeberangan. Kadang-kadang kapal juga kalau air surut tidak bisa merapat ke pantai, terpaksa orang dalam kondisi basah naik ke kapal dan juga kalau kondisi ombak besar juga berbahaya,” kata Lasarus.

 

Lasarus melanjutkan, Komisi V DPR RI bersama mitra kerja terkait akan mencari jalan terbaik untuk mempercepat pembangunan empat pelabuhan tersebut. “Ini tentu kita harus cari jalan keluar. Karena setiap bulan, ada sekian ratus ribu orang yang menyeberang dari Bali ke Nusa Penida dan sebaliknya. Jadi empat dermaga penyeberangan ini sangat ditunggu oleh masyarakat Bali, dan dunia pariwisata Bali," tutup Lasarus.

 

Sebelumnya, Direktur Kepelabuhan Kementerian Perhubungan Laut M. Tohir menyampaikan, rencana pembangunan pelabuhan Sanur-Nusa Lembongan yang digagas sejak tahun 2011 kembali muncul setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja serta peninjauan rencana pembangunan di Bali, akhir Juli lalu, dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata yang selama ini belum optimal. (qq/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi V Dukung Pembangunan Jembatan Babin
23-01-2020 / KOMISI V
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin) di Provinsi Kepulauan Riau....
Pembangunan Infrastruktur Solusi Pengentasan Kemiskinan
22-01-2020 / KOMISI V
Sejak akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020 ini, Kabupaten Kebumen masih tercatat menjadi Kabupaten termiskin di Provinsi Jawa Tengah...
Anggota DPR Minta PPTJDI Kaji Sistem Aplikasi Transpotrasi Daring
22-01-2020 / KOMISI V
Dalam merevisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Komisi V DPR RI meminta Perkumpulan Pengemudi...
Regulasi Kepemilikan Perumahan Harus Berpihak pada MBR
21-01-2020 / KOMISI V
\Komisi V DPR RI mendorong Pemerintah Pusat untuk segera menerapkan kebijakan percepatan kepemilikan perumahan yang berpihak kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah...