Indonesia Harus Jadi Negara Berdaulat

22-08-2019 / PARIPURNA

Anggota Komisi II DPR RI Muhamamd Afzal Mahfudz Foto : Azka/mr

 

Anggota Komisi II DPR RI Muhamamd Afzal Mahfudz menuturkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar karena memiliki sumber daya alam dan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang besar, sehingga sudah semestinya Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan tumbuh, sebagaimana misi Indonesia 2045. Karena RAPBN 2020 adalah gerbang untuk memulai penataan menuju bangsa yang lebih disegani dunia.

 

Untuk menjadi bangsa yang berdaulat, pemerintah dituntut untuk mampu membuat kebijakan yang mengarah pada pemerataan ekonomi, peningkatan lapangan kerja, dan perbedayaan masyarakat di tengah isu pemindahan ibu kota. Di sisi lain, perkembangan ekonomi global akhir-akhir ini mengalami ujian yang tidak mudah.

 

“Indonesia harus bertekad jadi  negara yang berdaulat dan tumbuh berkembang sesuai misi Indonesia 2045 saat 100 tahun kemerdekaan. Pemerintah harus menempuh hal-hal pemerataan akses hidup layak, lapangan kerja, kepemilikan aset, bantuan dan pemberdayaan masyarakat di tengah isu pemindahan ibu kota,” ujar Afzal saat membacakan pandangan Fraksi Partai Demokrat tentang RAPBN 2020 beserta Nota Keuangannya di hadapan Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

 

Di lain hal, Fraksi Partai Demokrat pun memberikan apresiasinya atas kerja pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi di tengah kondisi ekonomi global yang punya tantangan besar. Sehingga ke depan, kesejahteraan masyarakat harus dapat ditingkatkan. “Kami juga minta pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pertumbuhannya bisa dirasakan seluruh rakyat ndonesia,” ujar Afzal.

 

Afzal juga mengungkapkan bahwa fraksinya mendukung dan mendorong pemerintah untuk memaksimalkan lagi tingkat pertumbuhan ekonomi. Karenanya, ke depan tantangan yang dihadapi pemerintah akan semakin besar, terlebih Indonesia mengalami bonus demografi yang harus dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

 

“F-PD mendukung dan mendorong Pemerintah dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah wajib lebih keras lagi meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar, meningkatnya pertumbuhan ekonomi menandakan peningkatan kesejahteraan di masyarakat pula,” pungkas legislator asal Sulawesi Barat ini. (hs/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Sahkan 50 RUU Prolegnas Prioritas 2020
22-01-2020 / PARIPURNA
Rapat Paripurna ke-6 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019-2020 yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, mengesahkan 50 Rancangan...
Masalahan Daerah Kepulauan Penting Dicermati Secara Serius
22-01-2020 / PARIPURNA
Wilayah Republik Indonesia begitu luas dengan bentuk pulau-pulau. Namun demikian dapat dipersatukan dengan bentuk NKRI yang dilandasi dengan konstitusional dalam...
Wacana Distribusi Tertutup Elpiji 3 Kilogram Dikritisi
22-01-2020 / PARIPURNA
Distribusi tertutup gas elpiji 3 kilogram (kg) yang diwacanakan Pemerintah dikritisi legislator di Parlemen. Walau belum ditetapkan, ternyata harga gas...
Ketua DPR Pandu Pelantikan Dua Anggota PAW
22-01-2020 / PARIPURNA
Ketua DPR RI, Puan Maharani memandu pelantikan dua Anggota DPR RI Pergantian Antar Waktu (PAW), dalam Rapat Paripurna DPR RI...