HUT ke-74, DPR Gelar Pesta Rakyat

29-08-2019 / PARIPURNA

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 DPR/MPR RI dibuka dengan pemotongan tumpeng bersama Pimpinan Dewan Foto : Azka/mr

 

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 DPR/MPR RI pada tahun 2019 ini mengambil tema ‘Membangun Indonesia Unggul Melalui Keterbukaan Parlemen’. Untuk itu, dalam rangkaian HUT tersebut, DPR RI melakukan berbagai kegiatan guna semakin mendekatkan diri kepada rakyat sekaligus sebagai wujud keterbukaan parlemen dalam rangka membangun Indonesia unggul.

 

Demikian diungkapkan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, saat menyampaikan Pidato Penyampaian Laporan Kinerja DPR RI Tahun Sidang 2018-2019 sekaligus memimpin Rapat Paripurna HUT ke-74 DPR RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

 

“Dalam rangkaian HUT ke-74, DPR menggelar berbagai kegiatan guna mendekat antara lain Gowes Sehat DPR Bersama Rakyat, Stand Up Comedy “Kritik terhadap DPR”, Lomba Panjat Bambu Betung, Lomba Mewarnai untuk Anak-Anak, Pesta Rakyat Dangdut Pro-Rakyat, Pameran Foto Warna-Warni Parlemen dan Lomba Burung Berkicau,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI.

 

Selain itu, legislator Partai Golkar ini menjelaskan dalam upaya keterbukaan parlemen, secara konsisten DPR RI terus mengusung program ‘Parlemen Modern’ yang sudah dimulai sejak 2015 hingga sekarang. “Salah satu bentuk dari  program ‘Parlemen Modern’ adalah Open Parliament yang bertujuan memperkuat konsep ‘Parlemen Modern’ yang telah lama digagas DPR,” tandas Bamsoet.

 

Lebih lanjut, legislator dapil Jawa Tengah VII ini menuturkan dengan adanya Open Parliament, inisiatif kolaborasi dan partisipasi masyarakat di DPR semakin terbuka, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan representasi masyarakat. Tak hanya itu, komitmen DPR dalam mendorong keterbukaan informasi publik juga dibuktikan dengan hadirnya Parlemen Indonesia dalam berbagai forum internasional.

 

“DPR RI terus berkomitmen mendorong inisiatif Open Parliament. Kehadiran DPR pada dua forum Global Legislative Openness Conference di Ukraina pada April 2017 dan Open Governement Summit di Georgia pada Juli 2018 merupakan bentuk komitmen Parlemen dalam mendorong keterbukaan informasi publik,” pungkas Bamsoet. (pun/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Paripurna DPR Setujui Idham Azis Jabat Kapolri
31-10-2019 / PARIPURNA
Rapat Paripurna DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019) telah menyetujui...
UU MD3 Tidak Melarang Satu Kementerian Bermitra Dengan Dua Komisi
29-10-2019 / PARIPURNA
Anggota DPR RI Fauzi Amro menjelaskan dalam Undang-Undang MPR, DPR RI, DPR RI dan DPRD (UU MD3) tidak ada larangan...
Legislator Ajak Kurangi Penggunaan Kemasan Berbahan Plastik
29-10-2019 / PARIPURNA
Anggota DPR RI Dyah Roro Esti mengatakan bahwasanya Indonesia merupakan negara penghasil limbah plastik terbesar no 2 di dunia setelah...
Bidang Lingkungan Hidup dan Energi Diharapkan Satu Komisi
29-10-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi VII DPR RI, Kardaya Wanika berharap bidang lingkungan hidup dan energi berada dalam satu Komisi atau Alat Kelengkapan...