Parlemen Remaja Didik Generasi Bangsa Pahami Etika Berpolitik

03-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Pembukaan Parlemen Remaja 2019 di Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI, Bogor, Jawa Barat Foto : Kresno/mr

 

Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Damayanti mengatakan, dalam rangka mempersiapkan generasi muda terdidik yang berkualitas, Setjen dan BK DPR RI  menyelenggarakan kegiatan Parlemen Remaja Tingkat SMA/SMK/MA sebagai agenda kegiatan tahunan.

 

“Kegiatan Parlemen Remaja merupakan wujud tanggung jawab kami dalam mendidik generasi bangsa agar memahami  kesadaran berpolitik yang baik dan beretika,” ujar Maya, sapaan akrab Damayanti, saat menghadiri pembukaan Parlemen Remaja 2019 di Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI, Bogor, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Parlemen Remaja 2019 dibuka oleh Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar.

 

Maya menjelaskan, dalam kegiatan Parlemen Remaja, digambarkan mengenai suasana atmosfer rapat Anggota Dewan yang dilakukan di Gedung DPR RI kepada para peserta Parja. “Kita sampaikan bagaimana mekanisme bersidang. Bahwa sidang ini bukan seperti sidang biasa pada umumnya. Ada tata cara, sopan santun, dan etika mengenai bagaimana cara bertanya dan juga dalam mengambil keputusan. Mekanisme ini harus diajarkan supaya aturan main dalam suatu persidangan itu jelas," ucapnya.

 

Dikatakannya, dengan adanya kegiatan acara Parlemen Remaja tersebut, para peserta diharapkan bisa melihat secara nyata seperti apa Anggota Dewan itu bekerja. “Sesuai tema yang diusung dalam Parlemen Remaja tahun ini yaitu 'Remaja Peduli Lingkungan. Cinta Bumi Cinta Lingkungan', para remaja yang terpilih dengan latar belakang yang baik itu diharapkan nantinya akan tertanam dalam diri mereka kecintaan terhadap lingkungan dan bisa menularkannya kepada orang lain," kata Maya.

 

Ia berharap, pengalaman dan pengetahuan tentang kegiatan Anggota DPR RI yang didapat oleh para peserta Parlemen Remaja itu agar tidak berhenti sampai pada diri mereka saja, tetapi bisa dibagi dan diceritakan kepada kawan-kawan didaerah mereka masing-masing. Di sisi lain Maya menilai, seleksi pelaksanaan Parlemen Remaja tahun 2019 semakin lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Disebutkannya, performa peserta Parja tahun 2019 juga meningkat.

 

“Saya sempat kaget karena ternyata peminatnya banyak sekali, yakni lebih dari 11 ribu pendaftar. Seleksi yang dilakukan juga lebih terkualifikasi dengan baik. Saya harap akan menjadi pilot project ke depannya bagi para peserta sebagai manusia muda dan dapat menularkannya kepada orang lain," imbuh Maya. (dep/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tenaga Ahli Harus Paham Peran Kesetjenan DPR
27-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Damayanti menegaskan, seorang Tenaga Ahli (TA) Anggota DPR RI harus...
DPRD Sinjai Harus Kawal Program Pemerintah Pusat
24-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Pusat Penelitian Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Indra Pahlevi mengatakan, DPRD Kabupaten Sinjai harus mengawal...
Badan Kehormatan Dewan Harus Berani Tindaklanjuti Aduan
23-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Persidangan II Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Cholida Indrayana mengatakan kepada DPRD Kota Ternate jika ingin...
Karosid II Setjen dan BK DPR Terima Audiensi 3 DPRD
23-01-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Persidangan II Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Cholida Indrayana mengatakan, komposisi pembagian Anggota Dewan pada Panitia...