Parlemen Remaja 2019 Imbau Remaja Peduli Lingkungan

03-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Cerianya Suasana Pembukaan Parlemen Remaja Tingkat SMA/SMK/MA Tahun 2019 Foto : Kresno/mr

 

Wakil Ketua Panitia Parlemen Remaja 2019 Minarni Masran menyampaikan, kegiatan Parlemen Remaja Tingkat SMA/SMK/MA Tahun 2019  mengusung tema 'Remaja Peduli Lingkungan: Cinta Bumi, Cinta Lingkungan'. Dengan tema tersebut, kegiatan Parja 2019 akan lebih fokus pada pembahasan mengenai  revisi terhadap Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

 

“Tema ini penting untuk diangkat, mengingat akhir-akhir ini semakin banyak permasalahan lingkungan yang seringkali tidak disadari oleh masyarakat, khususnya generasi muda. Salah satunya terkait isu tentang pengelolaan sampah," ucap Minarni di sela-sela pembukaan Parlemen Remaja 2019 di Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI, Bogor, Jawa Barat, Senin (2/9/2019).

 

Kepala Bagian Humas Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI itu mengatakan, salah satu isu yang menjadi perhatian dalam masalah pengelolaan sampah adalah terkait sampah plastik. Sifat plastik yang sangat sulit terurai menjadikan plastik menjadi ancaman bagi lingkungan hidup. 

 

“Persoalan sampah di Indonesia telah memasuki kondisi yang mengkhawatirkan. Hal ini dikarenakan sampah telah mengganggu kelangsungan kehidupan, baik itu di laut, pesisir maupun darat. Sebagaimana yang kita ketahui, plastik telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia,” terang Minarni.

 

Minarni menerangkan, UU Pengelolaan Sampah yang ada saat ini terlihat lebih menitikberatkan tanggung jawab pengelolaan sampah kepada pemerintah baik pusat maupun daerah. Hal ini terbukti menimbulkan berbagai persoalan, sambung Minarni.

 

“Pengelolaan sampah dengan mengelola ‘hulu’ sampah sudah tidak relevan dengan berbagai persoalan yang ditimbulkan oleh sampah. Peran serta masyarakat dan para pelaku usaha harus semakin diperkuat untuk ikut bertanggung jawab mengelola sampah sehingga tidak menjadi beban lingkungan," paparnya.

 

Di sisi lain, Minarni  juga menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Parlemen Remaja sendiri adalah untuk memberikan sosialisasi mengenai mekanisme persidangan di DPR kepada para remaja, dan juga untuk memberikan pemahaman kepada peserta untuk bisa berperan serta dalam pengelolaan sampah di Indonesia.

 

Sebagai informasi, penyelenggaraan kegiatan Parlemen Remaja 2019 dilaksanakan pada tanggal 2-6 September 2019 dengan rincian acaranya yaitu sesi orientasi, kunjungan kerja, sesi simulasi, dan city tour. Kegiatan ini diikuti oleh 128 peserta tingkat SMA/SMK/MA dari 80 daerah pemilihan (dapil) se-Indonesia. (dep/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPRD Nganjuk Disarankan Gunakan Tatib Periode Sebelumnya
14-10-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Persidangan II Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Cholida Indrayana menyarankan kepada DPRD Kabupaten Nganjuk Periode 2019-2024...
Perubahan Tata Tertib DPRD Harus Mengacu PP Nomor 12 Tahun 2018
10-10-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Persidangan II Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Cholida Indrayana menerima kunjungan konsultasi DPRD Kabupaten...
DPRD Sekadau Konsultasi Pembentukan Pimpinan AKD
10-10-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Persidangan I Budi Kuntaryo menerima kunjungan konsultasi DPRD Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat, terkait mekanisme...
BK DPR Terima DPRD Kabupaten Nias
09-10-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Pusat Kajian Anggaran Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Asep Ahmad Saefuloh menerima kunjungan konsultasi DPRD...