Parlemen Punya Peranan Penting Wujudkan SDGs

05-09-2019 / B.K.S.A.P.

Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Bara Krishna Hasibuan Foto : Azka/mr

 

Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Bara Krishna Hasibuan mengatakan bahwasanya parlemen di seluruh dunia memiliki peranan penting dam strategis untuk memastikan implementasi dan tercapainya tujuan-tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TBP).

 

Demikian diungkapkan Bara di sela-sela rapat World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) ke-3 di Badung, Bali, Kamis (5/9/2019). Di mana parlemen memiliki tugas untuk memastikan bahwa SDGs dengan tujuan-tujuan dari aspek-aspek pembangunan yang berkelanjutan itu bisa dipenuhi.

 

"Misalnya melalui undang-undang yang dihasilkan, juga melalui fungsi keterwakilan dari masing-masing daerah pemilihan. Kemudian parlemen juga berperan untuk memastikan bahwa memang masalah-masalah seperti air, sosial, kesehatan itu penanganannya betul-betul maksimal dan ditingkatkan," tegas politisi dapil Sulawesi Utara itu.

 

Ditambah lagi, fungsi monitoring yang juga diperankan oleh parlemen. Dari situ, lanjut Bara, sudah kelihatan betapa pentingnya kedudukan Parlemen untuk memastikan bahwa SDGs yang sudah menjadi program dari PBB juga sudah menjadi komitmen dari semua negara, itu betul-betul bisa terpenuhi termasuk juga dengan melibatkan seluruh stakeholders.

 

Di dalam negeri, DPR RI sendiri menurut Bara sudah melakukan banyak hal untuk mencapai SGDs. Di bidang pendidikan, Ia mencontohkan, DPR RI bersama pemerintah sudah menetapkan 20 persen dari APBN setiap tahun dialokasikan untuk pendidikan. "Di bidang sosial, kita akan terus melakukan banyak hal untuk meningkatkan kualitas kesehatan, akses terhadap sanitasi, air bersih," ungkap Bara.

 

Kegiatan WPFSD yang melibatkan parlemen dunia ini, lanjut Bara, menegaskan komitmen DPR RI untuk juga mendorong agar SGDs itu betul-betul diimplementasikan secara menyeluruh. "Juga menunjukkan leadership dari DPR RI terhadap partisipasi dari parlemen dunia bisa kita tingkatkan dalam memastikan bahwa SDGs itu tercapai," pungkasnya. (es)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tolak Aneksasi Israel, BKSAP Galang Dukungan Parlemen Berbagai Negara
01-07-2020 / B.K.S.A.P.
Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menggalang dukungan Anggota Parlemen berbagai negara guna menentang dan menolak keras aneksasi...
Parlemen Indonesia Desak ASEAN Tegas Terapkan Aturan Pemberantasan Obat Terlarang
01-07-2020 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani Ali Sera mendesak ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) untuk...
Hadiri Sidang AIPA-CODD, BKSAP Ajak Perangi Narkoba
29-06-2020 / B.K.S.A.P.
Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI berpartisipasi dalam sidang 3th Meeting of AIPA Advisory Council on Dangerous od...
Puan Maharani Serukan Gotong Royong ASEAN-AIPA untuk Tangani Covid-19
27-06-2020 / B.K.S.A.P.
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menghadiri agenda tahunan the AIPA-ASEAN Leaders’ Interface. Pertemuan tatap muka antara Ketua Parlemen...