RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Disepakati Dibawa ke Paripurna

11-09-2019 / KOMISI IV

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo saat memimpin rapat kerja terkait pengambilan keputusan atas RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan pada akhir pembicaraan tingkat I. Foto: Oji/rni

 

Komisi IV DPR RI dan Pemerintah menyepakati naskah Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan untuk dibawa ke pembicaraan tingkat II atau dibahas dalam rapat paripurna.

 

Hal tersebut dinyatakan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo saat memimpin rapat kerja terkait pengambilan keputusan atas RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan pada akhir pembicaraan tingkat I, di ruang rapat Komisi IV DPR RI, Senayan Jakarta (11/9).

 

“Apakah disetujui Rancangan Undang-Undang tentang Karantina hewan, ikan dan tumbuhan ini untuk dilanjutkan pembahasannya pada pembicaraan tingkat dua dalam rapat paripurna DPR RI?,” ujar Edhy dan dijawab serentak “setuju” oleh seluruh anggota Komisi IV DPR RI dan Menteri Pertanian selaku wakil pemerintah yang hadir dalam rapat tersebut.

 

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan sekaligus Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan merasa lega karena pada akhirnya RUU yang disusun sejak empat tahun silam tersebut akhirnya selesai dan disetujui oleh kedua belah pihak, yaitu DPR RI dan Pemerintah.

 

“Alhamdulillah dan terimakasih kepada seluruh Anggota Komisi IV DPR RI dan pemerintah beserta seluruh pihak yang membantu dalam penyusunan RUU tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan ini setelah lebih dari empat tahun pembahasannya. Saya berharap agar RUU ini dapat segera disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI nanti,” ujar Daniel.

 

Lebih lanjut, Politisi Fraksi PKB ini berharap setelah disahkan dalam Rapat Paripurna di DPR RI, Undang-Undang ini harus segera ditindaklanjuti. Salah satunya dengan membuat kebijakan peraturan turunannya, termasuk membentuk Badan Karantina Nasional yang merupakan amanat dari RUU tersebut.

 

Badan Karantina Nasional ini sangat dibutuhkan guna melindungi produk-produk dalam negeri, baik oleh petani dan nelayan, serta mengendalikan produk. Dengan adanya Badan Karantina yang kuat, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, petani dan meningkatkan kekuatan negara dalam menghadapi persaingan global dan persaingan bebas nanti.

 

Ia berharap Badan Karantina Nasional segera dibentuk dan langsung di bawah koordinasi Presiden. “Jangan seperti Badan Pangan Nasional yang sudah sekian tahun belum juga dibentuk. Kami berharap badan ini juga ada dibawah Presiden langsung,” pungkasnya. (ayu/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan Sepakat Dibahas di Paripurna
18-09-2019 / KOMISI IV
Setelah melalui proses pembahasan yang cukup panjang ditambah proses sinkronisasi dan harmonisasi, akhirnya Komisi IV DPR RI dan Pemerintah sepakat...
Komisi IV Pertanyakan Keseriusan KLHK Atasi Karhutla
16-09-2019 / KOMISI IV
Komisi IV DPR RI mempertanyakan keseriusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan yang...
Komisi IV Setujui Pagu Anggaran Kementan Tahun 2020
16-09-2019 / KOMISI IV
Komisi IV DPR RI menyetujui pagu anggaran Kementerian Pertanian Tahun 2020 dalam Rancangan Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2020...
UU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Lindungi Kekayaan Hayati dan Hewani
11-09-2019 / KOMISI IV
Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin menilai dengan disepakatinya Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan...