Perlu Keterlibatan Aktif Masyarakat Dalam Implementasi SDGs

12-09-2019 / B.K.S.A.P.

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mendorong keterlibatan aktif masyarakat Indonesia dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau yang biasa dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

 

Demikian mengemuka dalam Kunjungan Kerja Panja SDGs ke Maroko, baru-baru ini. Delegasi DPR melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia yang bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Rabat) yang dipimpin oleh Ketua BKSAP sekaligus Ketua Delegasi Panitia Kerja (Panja) SDGs Nurhayati Ali Assegaf.

 

Saat berdialog, Nurhayati menyampaikan bahwa peran parlemen dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sangatlah penting. Mengingat komitmen DPR RI untuk terlibat secara langsung dalam mewujudkan pencapaian agenda pembangunan 2030.

 

“Dalam mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan diharapkan seluruh elemen dapat bersinergi dalam mendukung penggunaan bahasa lokal untuk memberikan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan agenda 2030 yang inklusif,” ungkap Nurhayati sembari menambahkan partisipasi masyarakat juga dibutuhkan dalam pencapaian agenda pembangunan 2030.

 

Dalam pertemuan tersebut, Delegasi BKSAP turut berdialog dan menggali aspirasi masyarakat Indonesia yang ada di Maroko serta berbagi pengalaman dan praktik terbaik untuk pembangunan bangsa Indonesia yang lebih baik ke depannya.

 

Menanggapi pertanyaan salah satu mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Maroko, Anggota BKSAP sekaligus Komisi X DPR RI Irine Yusiana Roba Putri menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia di Maroko, khususnya mereka yang tengah menempuh pendidikan tinggi di Maroko memainkan peran penting dalam menyebarkan citra positif Indonesia.

 

Diharapkan masyarakat bisa terlibat aktif menjadi agen diplomasi melalui people to people untuk mempromosikan pariwisata sehingga memberikan manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan Goal 8 dari SDGs yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. (ann/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BKSAP Serukan Pentingnya TPB di Maroko
12-09-2019 / B.K.S.A.P.
Delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI dipimpin Ketua BKSAP sekaligus Ketua Panitia Kerja Sustainable Development Goals (Panja...
Perlu Keterlibatan Aktif Masyarakat Dalam Implementasi SDGs
12-09-2019 / B.K.S.A.P.
Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mendorong keterlibatan aktif masyarakat Indonesia dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau yang...
Angka PDB Bukan Tolok Ukur Tingkat Kesejahteraan
12-09-2019 / B.K.S.A.P.
Saat negara-negara masih berfokus pada angka Produk Domestik Bruto (PDB) untuk menentukan tingkat kesejahteraan, berbagai studi menemukan bahwa angka-angka tersebut...
Parlemen Indonesia Suarakan Sistem Air Bersih dan Sanitasi Pamsimas di WPFSD
05-09-2019 / B.K.S.A.P.
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Siti Masrifah, dalam sesi pleno kedua pada gelaran World Parliamentary Forum...