Penerbitan DPR Pantau Distribusi Parlementaria di Sumsel

17-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Kepala Sub Bagian Distribusi Bagian  Penerbitan DPR RI Eko Priyanto. Foto : Runi/mr

 

Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bagian Penerbitan, Biro Pemberitaan Parlemen, Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI yang dipimpin langsung oleh Kepala Sub Bagian Distribusi Bagian  Penerbitan DPR RI Eko Priyanto melakukan monitoring dan evaluasi Majalah dan Buletin Parlementaria di Perpustakaan Universitas Sriwijaya, dan Perpustakaan Daerah Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

 

“Tujuan kami hadir ke sini dalam rangka monitoring dan evaluasi sejauh mana produk Parlementaria sampai ke perpustakaan di Palembang. Melalui Majalah maupun Buletin Parlementaria yang memuat informasi seputar aktifitas dan kegiatan wakil rakyat tersebut bisa dibaca atau tersampaikan, dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat  maupun sivitas akademika di Palembang,” jelas Eko usai melakukan pertemuan, Selasa (17/9/2019).

 

Eko menambahkan Majalah dan Buletin Parlementaria berisi kinerja Anggota Dewan maupun berita-berita seputar Kesetjenan dan Badan Keahlian DPR RI dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Ia pun menanyakan pendistribusian apakah sudah terkirim dengan baik, serta tepat waktu dan sampai pada tujuan yang dikirim.

 

Pada kesempatan yang sama Kepala Sub Bagian Pelayanan Informasi Publik, Bagian Hubungan Masyarakat Setjen dan BK DPR RI Tri Hastuti menyampaikan sejumlah program kerja yang ada pada Bagian Humas DPR RI yang turut dipublikasikan di Majalah dan Buletin Parlementaria. Diantaranya kegiatan Parlemen Remaja yang dilaksanakan satu tahun sekali dan Parlemen Kampus yang dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.

 

“Parlemen Remaja ini diikuti siswa-siswi SMA seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran politik sejak dini. Minat siswa-siswi untuk mengikuti acara ini sangat tinggi antusiasnya. Terbukti di tahun 2019 kurang lebih 11 ribu pendaftar  yang mengikuti seleksi,” jelas Tuti sembari menambahkan dari 11 ribu pendaftar, yang lulus seleksi dan menjadi peserta Parlemen Remaja sebanyak 128 pelajar.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Daerah Palembang Faizal dan Pustakawan di Universitas Sriwijaya Halim Sobri mengatakan, pengiriman Majalah dan Buletin Parlementaria sudah dilakukan dengan baik. “Pengiriman per minggunya sudah terkirim baik. Setiap edisi Buletin kami dikirim dua eksemplar, dalam satu bulan empat edisi dan majalah satu edisi tiap bulanya,” imbuhnya. 

 

Faisal berharap, selain Majalah dan Buletin Parlementaria, produk cetakan lain yang dihasilkan oleh Setjen dan BK DPR RI juga dapat didistribusikan ke Perpustakaan Daerah Palembang. Ia pun menginginkan, dengan kedatangan perwakilan Setjen dan BK DPR RI bisa menjalin kerja sama maupun bersinergi dengan perpustakaan di daerah untuk melakukan sosialisasi kinerja Dewan kepada masyarakat agar tercipta minat baca dengan baik.

 

Sementara itu, perwakilan PT. Nusantara Card Semesta (NCS) sebagai pihak yang dipercaya untuk mendistribusikan Majalah dan Buletin Parlementaria ke daerah-daerah berjanji akan berusaha untuk meningkatkan pelayanan dengan mengirimkan produk Parlementaria tepat waktu.

 

Adapun Tim Monev Distribusi Parlementaria yang dipimpin langsung oleh Kasubag Distribusi Penerbitan DPR RI Eko Prianto, juga diikuti oleh Kasubag Produksi Mediantoro, Kasubag Pelayanan Informasi Publik Tri Hastuti dengan beranggotakan, Barliansyah, Maria Dumaris, Friederick Muenchen, dan Runi Sari B. (rni/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Setjen DPR Terima Konsultasi DPRD Kabupaten Nias
19-02-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan Setjen dan BK DPR RI Djaka Dwi Winarko menerima delegasi DPRD Kabupaten Nias dari Badan Musyawarah....
BK DPR Gelar Konferensi ICMSS ke-19
18-02-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Badan Keahlian (BK) DPR RI bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) menggelar Konferensi Internasional Indonesian Capital Market...
Sekjen DPR Terima Laporan Hasil Penjaminan Kualitas atas Self Assessment Maturitas SPIP
18-02-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretariat Jendral DPR RI, Indra Iskandar menerima laporan hasil penjaminan kualitas atas self assessment maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)...
Perlu Sinergi DPRD dengan Pemerintah Daerah Kembangkan Industri Pariwisata
17-02-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Bagian Sekretariat Musyawarah Pimpinan DPR RI Restu Pramojo Pangarso menilai perlu ada sinergi antara DPRD Provinsi Bengkulu dengan Pemerintah...