FKSPK Pererat Hubungan DPR dengan Wartawan

20-09-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL

Sekjen DPR RI memberikan sambutan pada FKSPK 2019. Foto: Kresno/sf

 

 

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengungkapkan, Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja (FKSPK) DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen adalah program yang berkaitan erat dengan misi parlemen modern. Karena melalui program ini, wartawan diajak secara langsung untuk mendengar paparan terkait sosialisasi program kerja keparlemenan untuk selanjutnya disosialisasikan dan disebarluaskan kepada masyarakat.

 

“Diharapkan dengan adanya forum komunikasi ini, rekan-rekan media dapat membantu mensosialisasikan program-program DPR RI dan dapat menyampaikan aspirasi masyarakat untuk dapat terus menyukseskan parlemen yang modern sebagai komitmen DPR RI,” terang Indra saat memberikan sambutan pada FKSPK yang dihadiri 100 wartawan yang tergabung pada Koordinatoriat Wartawan Parlemen, di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

 

Forum yang mengangkat tema ‘Sinergi DPR RI dan Wartawan Parlemen Dalam Menyukseskan Parlemen Modern’ ini dibuka langsung oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, turut dihadiri Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial DPR RI Muhammad Dzajuli, Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Romdony Setiawan, serta pejabat dan pegawai di lingkungan Setjen dan BK DPR RI.

 

Indra mengungkapkan, dirinya akan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mengetahui hal-hal terkait keparlemenan. Media sosial adalah salah satu elemen yang bisa dimaksimalkan. “Fokus utama dari parlemen modern yaitu teknologi informasi, keterbukaan akses informasi dan fungsi representasi. Untuk itu DPR membuka akses seluas luasnya dengan elemen masyarakat, baik langsung maupun melalui teknologi," jelas Indra.

 

Keterbukaan informasi di parlemen  dimaksudkan agar dapat diakses masyarakat dan masyarakat mengetahui cara kerja DPR beserta dukungan teknologi informasi digital, serta sarana keorganisasian di belakangnya dan memiliki dimensi akuntabilitas publik yang kuat. 

 

Melalui kegiatan FKSPK ini maka parlemen akan semakin dekat dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen yang diharapkan semakin mempercepat proses distribusi informasi terkait kegiatan yang ada di DPR RI kepada masyarakat. Karena pada prinsipnya parlemen modern memerlukan kedekatan antara parlemen dengan masyarakat dan media adalah sebagai penghubungnya. (hs/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BK DPR Terima Konsultasi Dana Transfer Daerah dari DPRD Nganjuk
21-11-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian (BK) DPR RI Asep Ahmad Saefuloh menerima kunjungan konsultasi Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nganjuk....
Layanan Kepada Dewan Harus Ditingkatkan
21-11-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan, survei tingkat kepuasan yang dilaksanakan Badan Keahlian DPR RI kepada Anggota DPR RI...
BK DPR Paparkan Alur Pembahasan RUU Kepada Mahasiswa President University
18-11-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Kepala Pusat Perancangan Undang-Undang (PUU) Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Inosentius Samsul menerima perwakilan mahasiswa dari...
Pegawai Biro Pemberitaan Harus Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan
18-11-2019 / SEKRETARIAT JENDERAL
Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Damayanti menginginkan, seluruh pegawai di Biro Pemberitaan Parlemen dapat...