Komisi III Evaluasi Para Mitra Kerja

23-09-2019 / KOMISI III

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J. Mahesa. Foto : Jaka/mr

 

Para mitra kerja Komisi III DPR RI mendapat catatan kritis dan penting dari Pimpinan Komisi III DPR RI. Semua catatan tersebut terangkum dalam buku “Selayang Pandang Komisi III DPR RI, Evaluasi Penegakan Hukum di Indonesia Periode 2014-2019”.

 

Evaluasi dan catatan selama satu periode tersebut terungkap dalam acara diskusi buku Selayang Pandang dengan pembicara Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J. Mahesa, dan pakar hukum Indriyanto Seno Adji, di selasar Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

 

“Yang jadi pokok buku ini adalah pengaduan masyarakat terhadap mitra kami. Pada 2019 banyak laporan terhadap mitra kami yang cukup signifikan,” ungkap Desmond saat menjadi pembicara dalam acara tersebut. Ia menyebut misalnya, pihaknya mendapat pengaduan terhadap Komnas HAM sebanyak 42 kasus. Pengaduan itu berisikan ketidakpuasan masyarakat terhadap Komnas HAM.

 

“Buku ini adalah evaluasi selama lima tahun. Ini catatan bagi Komisi III yang akan datang. Bagi kami ini adalah bentuk pertanggungjawaban kami kepada mitra kerja dan masyarakat.” ucapnya lagi. Kejaksaan Agung, sambung Desmond, sampai Juli 2019 mendapat 38 kasus ketidakpuasan masyarakat yang dilayangkan ke Komisi III.

 

Mahkamah Agung (MA) mendapat 72 kasus. Probelum terbesar di MA adalah ketidakpuasan atas putusan peradilan, terutama kasus tanah. Kesannya, putusan MA tidak memihak rakyat, tapi memihak para pengembang. Pengaduan juga menyasar KPK yang mendapat sembilan pengaduan. Terutama soal penyadapan, kepastian hukum, dan SP3.

 

Sementara Kementerian Hukum dan HAM mendapat 16 kasus. Catatan penting bagi Menkum HAM Yasonna Laoly yang hadir dalam acara itu adalah banyak kesimpulan rapat tidak dipatuhi kementerian. Semua mitra mendapat catatan kritis dan pengaduan masyarakat yang tertulis rinci dalam buku “Selayang Pandang Komisi III DPR RI”. (mh/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Legislator Dorong Penuntasan Kasus Meninggalnya Mahasiswa saat Demo di Kendari
11-12-2019 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari menyatakan Komisi III DPR RI akan meneruskan aduan keluarga korban mahasiswa yang tewas...
Komisi III Terima Audiensi Mahasiswa Terkait Penanganan Kasus HAM
11-12-2019 / KOMISI III
Tepat pada peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia pada tanggal 10 Desember, Komisi III DPR RI melakukan audiensi dengan...
Komisi III Dorong Penuntasan Kasus Pelanggaran HAM
10-12-2019 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa mengungkapkan kasus dugaan kekerasan yang melibatkan oknum aparat keamanan dalam menerapkan...
Penegakan HAM di Indonesia Butuh Ketegasan
10-12-2019 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Suding menyampaikan, saat ini masih banyak persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia belum...