Polemik Kesejahteraan Rakyat Harus Diprioritaskan

20-10-2019 / LAIN-LAIN

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Jimmy Demianus Ijie. Foto: Erman/rni

 

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Jimmy Demianus Ijie mengucap selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang dilantik pada Minggu (20/10/2019), di Kompleks Parlemen. Ia mengingatkan ada dua bidang kesejahteraan rakyat yang harus menjadi perhatian serius dalam mengarungi lima tahun ke depan, yaitu penyelesaian permasalahan HAM dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

 

Ditemui Parlementaria di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019), Jimmy menegaskan persoalan HAM yang secara khusus mengacu kepada tragedi HAM di Wamena, Papua beberapa waktu yang lalu, dapat diselesaikan segera agar tidak ada dendam yang dirasakan oleh masyarakat Papua kepada Pemerintah Indonesia karena terus merasa dianaktirikan.

 

“Kami berharap persoalan pelanggaran HAM Papua yang sudah direkomendasikan oleh Komnas HAM agar segera diselesaikan, karena ini merupakan beban eksekutif dan legislatif. Apalagi kita terpilih dalam Anggota Dewan Keamanan PBB, tapi itu adalah tantangan bagi kita untuk membuktikan bahwa negara kita serius dalam rangka menyelesaikan persoalan hak asasi manusia di Indonesia,” ungkapnya.

 

Politisi PDI-Perjuangan mengaku bahwa periode pertama Joko Widodo menjabat sebagai Presiden merupakan sebuah keberhasilan Indonesia dalam memanusiakan rakyatnya. Namun polemik kecil di akhir periode membuat semacam anti-klimaks seperti tragedi kemanusiaan di beberapa daerah. Ia berharap keberhasilan yang sudah dilakukan pemerintahan Jokowi pada periode pertama dapat terus ditingkatkan, sehingga seluruh rakyat Indonesia bisa merasakan arti dari kemerdekaan bangsa.

 

Selain itu keputusan Presiden dalam upaya meningkatkan kualitas SDM menurut politisi dapil Papua Barat tersebut patut diapresiasi. Karena Jimmy menilai Indonesia dewasa ini mendapat tantangan global yang semakin berat dengan negara-negara lain. Oleh karena itu menurutnya, kualitas SDM harus lebih diutamakan agar Indonesia lebih siap menghadapi persaingan yang kompetitif.

 

“Kualitas SDM harus lebih diutamakan karena kita akan menghadapi persaingan yang lebih kompetitif lagi. Kita tidak berharap hanya di dalam negeri kita, tapi tenaga kerja kita akan diserap oleh bangsa atau negara lain. Itu yang menjadi harapan kami dan kami memberikan dukungan sepenuhnya kepada Bapak Presiden untuk mengambil langkah yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini,” tukasnya. (er/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
F-PAN Dukung Kebijakan Keuangan Hadapi Covid-19
31-03-2020 / LAIN-LAIN
Fraksi PAN DPR RI mendukung diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Kebijakan Keuangan Negara untuk mengantisipasi peningkatan defisit anggaran...
Anggota DPR Minta Pemerintah Mudahkan Impor Peralatan Medis
23-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Adian Napitupulu mengatakan epidemik Corona diperkirakan akan memuncak di kisaran bulan Mei dan Juni. Menurutnya, pemerintah harus...
Anggota DPR Berikan Bantuan APD ke Petugas Medis RS Rujukan Corona
23-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Rofik Hananto memberikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa Masker dan Hand Sanitizer kepada tenaga medis di...
Legislator Apresiasi Redesain Perpustakaan DPR
10-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Tuti Nusandari Roosdiono mengapresiasi redesain yang dilakukan Perpustakaan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Perubahan tersebut...