Jokowi - Ma'ruf Resmi Jabat Presiden dan Wapres 2019-2024

20-10-2019 / PARIPURNA

Suasana Pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih. Foto: Jaka/rni

 

Pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih untuk masa jabatan 2019-2024 digelar pada Sidang Paripurna MPR RI yang digelar di Ruang Rapat Paripurna I, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Sidang Paripurna MPR RI dipimpin Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dengan didampingi sembilan Wakil Ketua MPR RI. Ketua DPR RI Puan Maharani dan empat Wakil Ketua DPR RI turut hadir dalam pelantikan ini.

 

Acara pelantikan Presiden dan Wapres hasil Pemilu 2019 diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR RI itu memimpin mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan membuka Sidang Paripurna. Dalam sambutannya, Bamsoet turut membacakan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap hasil Pemilu yang digelar 17 April 2019 lalu.

 

Setelah itu dilakukan pengambilan sumpah dan janji Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang diteruskan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan. Pimpinan MPR RI menyerahkan berita acara pelantikan yang dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk Wakil Presiden dari Jusuf Kalla (Wapres masa jabatan 2014-2019) ke Ma'ruf. Pengambilan sumpah jabatan Presiden dan Wapres dilakukan di hadapan seluruh Anggota MPR RI.

 

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Presiden Jokowi saat mengucapkan sumpahnya.

 

Setelah mengucapkan sumpah jabatan, Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan untuk pertama kalinya sebagai pemimpin negara 5 tahun ke depan. Sebelum Ketua MPR RI menutup Sidang Paripurna pelantikan Presiden dan Wapres masa jabatan 2019-2024, dilakukan pembacaan do'a. Dan diakhiri dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 

Momentum pengucapan sumpah dan janji sebagai Presiden dan Wapres tersebut menandai secara resmi dimulainya masa jabatan kedua Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia dan masa jabatan pertama  Ma’ruf Amin sebagai Wapres.

 

Selain kehadiran tokoh - tokoh nasional, acara pelantikan itu juga dihadiri oleh beberapa kepala negara, kepala pemerintahan dan utusan khusus negara sahabat. Seperti diketahui, pasangan Jokowi- Ma’ruf memperoleh persentase suara sebesar 55,50 persen pada Pemilu 2019. Berdasarkan perhitungan itulah kemudian KPU secara resmi menetapkan pasangan Jokowi-Ma'ruf sebagai pemenang Pemilu. (dep,mh/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Sahkan 50 RUU Prolegnas Prioritas 2020
22-01-2020 / PARIPURNA
Rapat Paripurna ke-6 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019-2020 yang dipimpim Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, mengesahkan 50 Rancangan...
Masalahan Daerah Kepulauan Penting Dicermati Secara Serius
22-01-2020 / PARIPURNA
Wilayah Republik Indonesia begitu luas dengan bentuk pulau-pulau. Namun demikian dapat dipersatukan dengan bentuk NKRI yang dilandasi dengan konstitusional dalam...
Wacana Distribusi Tertutup Elpiji 3 Kilogram Dikritisi
22-01-2020 / PARIPURNA
Distribusi tertutup gas elpiji 3 kilogram (kg) yang diwacanakan Pemerintah dikritisi legislator di Parlemen. Walau belum ditetapkan, ternyata harga gas...
Ketua DPR Pandu Pelantikan Dua Anggota PAW
22-01-2020 / PARIPURNA
Ketua DPR RI, Puan Maharani memandu pelantikan dua Anggota DPR RI Pergantian Antar Waktu (PAW), dalam Rapat Paripurna DPR RI...