Reformasi Birokrasi Mutlak Diperlukan

20-10-2019 / LAIN-LAIN

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Sondang Tiar Debora Tampubolon. Foto : Sofyan/mr

 

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Sondang Tiar Debora Tampubolon mendukung  rencana kerja lima tahunan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk melakukan penyederhanaan birokrasi. Bahkan ia menilai reformasi birokrasi mutlak harus dilakukan. Menurutnya, dengan mempersingkat prosedur birokrasi yang panjang akan memudahkan masuknya investor ke Indonesia.

 

“Bahkan dengan sangat ekstrim, Pak Jokowi bilang kalau Eselon I, II, II, dan IV itu terlalu banyak, harus dipersingkat, karena memang saat ini kita bisa melihat bahwa investasi dan investor susah sekali masuk,” kata Sondang kepada Parlementaria usai menghadiri acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019-2024 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

 

Sulitnya investasi masuk ke Indonesia, lanjut Anggota DPR Fraksi PDI-Perjuangan itu, dapat dilihat dari seberapa lamanya investor mendapatkan perizinan. Padahal menurutnya, investasi menjadi faktor penting bagi perkembangan ekonomi di Indonesia. Sehingga perlu diubahnya birokrasi yang menyulitkan, perizinan yang lama, dan sulitnya mengurus segala sesuatu terkait investasi.

 

“Pak Presiden juga dengan secara lugas dan tegas, mengungkapkan bahwa bagaimana kita tidak boleh lagi bekerja dengan cara-cara lama, harus dengan cara baru, harus semakin berinovasi, ditinggalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan yang lama-lama,” lanjut legislator daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta I ini.

 

Sondang menekankan, penyederhanaan birokrasi penting untuk segera dilakukan guna menghadapi bonus demografi, dimana penduduk usia produktif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan usia tidak produktif. Ia menilai hal ini menjadi tantangan sekaligus sebuah kesempatan yang besar bagi Indonesia.

 

“Ini menjadi peluang bahwa bagaimana bisa merangkak ekonomi kita, dari yang berpendapatan menengah ke pendapatan tinggi. Ini bukan hanya kerja Pak Jokowi, kerja Pak Ma’ruf Amin, harus semua elemen bangsa, termasuk daripada juga legislatif dan parlemennya harus semuanya sinergi, termasuk masyarakat Indonesia, semuanya harus sinergi,” pungkas Sondang. (alw/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
F-PAN Dukung Kebijakan Keuangan Hadapi Covid-19
31-03-2020 / LAIN-LAIN
Fraksi PAN DPR RI mendukung diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Kebijakan Keuangan Negara untuk mengantisipasi peningkatan defisit anggaran...
Anggota DPR Minta Pemerintah Mudahkan Impor Peralatan Medis
23-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Adian Napitupulu mengatakan epidemik Corona diperkirakan akan memuncak di kisaran bulan Mei dan Juni. Menurutnya, pemerintah harus...
Anggota DPR Berikan Bantuan APD ke Petugas Medis RS Rujukan Corona
23-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Rofik Hananto memberikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa Masker dan Hand Sanitizer kepada tenaga medis di...
Legislator Apresiasi Redesain Perpustakaan DPR
10-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Tuti Nusandari Roosdiono mengapresiasi redesain yang dilakukan Perpustakaan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Perubahan tersebut...