Jumlah Pimpinan AKD Ditetapkan

22-10-2019 / PARIPURNA

Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Pimpinan DPR saat memimpin Rapat Paripurna ke-3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020. Foto: Arief/rni

 

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna ke-3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 menetapkan jumlah pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang terdiri dari 11 Komisi dan 6 Badan. Paripurna menetapkan jumlah Ketua AKD sebanyak 17 orang dan Wakil Ketua DPR RI sebanyak 66 orang.

 

“Kami meminta persetujuan Paripurna terhadap jumlah Pimpinan dan Alat Kelengkapan Dewan tersebut, apakah disetujui?” tanya Puan yang disambut jawaban “Setuju” oleh seluruh Anggota Dewan yang hadir pada Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

 

Dengan demikian, Rapat Paripurna menetapkan Komisi di DPR tetap berjumlah 11 dan masing - masing Komisi akan dipimpin 1 Ketua dan 4 Wakil Ketua. Sama halnya dengan Komisi, jumlah pimpinan AKD  masing-masing berjumlah 5 orang untuk Badan Musyawarah (Bamus), Badan Legislasi (Baleg), Badan Anggaran (Banggar).

 

Kemudian hal yang sama untuk Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN),  Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD),  Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), dan Panitia Khusus (Pansus). Selanjutnya, Puan menyebutkan, setiap AKD akan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI berdasarkan ruang lingkup bidang koordinasi.

 

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) yang membidangi ruang lingkup Komisi I, II, III, Baleg dan BKSAP. Kemudian, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad sebagai Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) membidangi ruang lingkup tugas Komisi XI,  Banggar dan BAKN.

 

Berikutnya Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel sebagai Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi IV, V, VI dan VII. Sementara, Wakil Ketua DPR RI Muhaimi Iskandar sebagai Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) yang membidangi ruang lingkup Komisi VIII, IX, X, BURT dan MKD. (ann/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Paripurna DPR Setujui Idham Azis Jabat Kapolri
31-10-2019 / PARIPURNA
Rapat Paripurna DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019) telah menyetujui...
UU MD3 Tidak Melarang Satu Kementerian Bermitra Dengan Dua Komisi
29-10-2019 / PARIPURNA
Anggota DPR RI Fauzi Amro menjelaskan dalam Undang-Undang MPR, DPR RI, DPR RI dan DPRD (UU MD3) tidak ada larangan...
Legislator Ajak Kurangi Penggunaan Kemasan Berbahan Plastik
29-10-2019 / PARIPURNA
Anggota DPR RI Dyah Roro Esti mengatakan bahwasanya Indonesia merupakan negara penghasil limbah plastik terbesar no 2 di dunia setelah...
Bidang Lingkungan Hidup dan Energi Diharapkan Satu Komisi
29-10-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi VII DPR RI, Kardaya Wanika berharap bidang lingkungan hidup dan energi berada dalam satu Komisi atau Alat Kelengkapan...