Meutya Hafid Pimpin Komisi I

29-10-2019 / KOMISI I

Ketua DPR RI Puan Maharani usai menetapkan Pimpinan Komisi I DPR RI. Foto : Naefuroji/mr

 

Lima pimpinan Komisi I DPR RI resmi dilantik. Mereka adalah Meutya Viada Hafid dari Fraksi Partai Golkar sebagai Ketua Komisi dan empat orang Wakil Ketua, yakni Utut Adianto (F-PDI Perjuangan), Bambang Kristiono (F-Gerindra), Teuku Riefky Harsya (F-Demokrat), dan Abdul Kharis Almasyahri (F-PKS).

 

Pelantikan berlangsung tanpa dinamika dan dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Wakil Ketua DPR RI Korpolkam Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI Korekku Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua DPR RI Korinbang Rachmad Gobel di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

 

“Kami bersyukur hari ini sudah bisa disahkan. Komisi I menjadi komisi pertama yang diresmikan," tutur Meutya.  Ia mengatakan sebagai langkah pertama usai penetapan pimpinan dan anggota, Komisi I DPR RI akan segera mengundang Kementerian beserta Lembaga yang menjadi mitra kerja Komisi yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika untuk membicarakan program kerja ke depan.

 

“Melihat banyak Menteri baru di Kementerian yang bermitra dengan Komisi I, dalam waktu dekat kita akan coba panggil untuk mengetahui program-program strategi dan rencana strategis mereka ke depan,” papar Meutya, sembari mengatakan ada banyak PR yang belum terselesaikan oleh Komisi I DPR RI di periode sebelumnya. Karenanya, ia berharap target-target yang telah ditetapkan dapat tercapai di bawah kepemimpinannya.

 

Salah satunya di bidang pertahanan, Komisi I DPR RI berkomitmen untuk fokus mempercepat pembangunan kekuatan pokok mininum atau Minimum Essential Force (MEF). Menurutnya, upaya tersebut penting untuk membentuk kekuatan pertahanan yang mumpuni, terutama modernisasi alutsista.

 

“Industri pertahanan nasional itu menjadi salah satu yang kita dorong agar lebih dapat berkembang, harapannya kita lebih bisa mandiri dalam hal alutsista dengan mengedepankan pertahanan nasional,” harap politisi dapil Sumatera Utara I ini yang juga bertugas sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI pada Periode 2014-2019 lalu. (ann/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi I Dorong TNI-Kemenhan Modernisasi Alutsista Korps Marinir
10-12-2019 / KOMISI I
Komisi I DPR RI mendorong Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk melakukan penambahan dan modernisasi alutsista (alat...
Kontroversi Pemberhentian Dirut TVRI, Komisi I Desak Tiga Bulan Harus Selesai
09-12-2019 / KOMISI I
Pemberhentian Helmy Yahya dari jabatan Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI oleh Dewan Pengawas (Dewas) menuai kontroversi. Helmy sendiri...
Legislator Dorong KI Pusat Buat Indeks Keterbukaan Informasi
05-12-2019 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI TB. Hasanuddin mendorong Komisi Informasi (KI) Pusat agar mengeluarkan Indeks Keterbukaan Informasi Publik Kementerian atau...
Dewan Pers Wajib Berperan Aktif Bangun Kesadaran ‘Media Literate’
03-12-2019 / KOMISI I
Dewan Pers diimbau untuk dapat berperan aktif membangun sebuah kesadaran atau kemampuan seluruh masyarakat Indonesia sebagai sebuah bangsa untuk menjadi...