Diplomasi Parlemen Dukung Kemajuan Industri Pariwisata dan Ekraf

02-12-2019 / B.K.S.A.P.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana memimpin kegiatan BKSAP Day di Kampus Politeknik Pariwisata Bali, Nusa Dua, Provinsi Bali. Foto: Surya/rni

 

Parlemen saat ini dituntut untuk lebih aktif dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga perwakilan rakyat baik dalam lingkup nasional maupun global. Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menilai, upaya-upaya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat dan kepentingan nasional Indonesia sebagai bangsa yang besar dapat dilakukan melalui jalur diplomasi.

 

Putu menambahkan, salah satu diplomasi yang perlu dikembangkan ke depan adalah diplomasi parlemen untuk mendukung kemajuan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. “Sektor pariwisata dan ekraf  menawarkan potensi yang besar sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, keduanya dapat menjadi strategi soft diplomacy Indonesia yang efektif di kancah internasional,” ucap Putu pada kegiatan BKSAP Day di Kampus Politeknik Pariwisata Bali, Nusa Dua, Provinsi Bali, Senin (2/12/2019).

 

Dalam kegiatan bertema “Peran Strategis Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dalam Diplomasi Parlemen DPR RI” itu, Putu menekankan, sudah saatnya sektor pariwisata dan ekraf menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari soft diplomacy Indonesia. Sektor pariwisata yang dapat dipromosikan meliput alam dan ekowisata, sejarah dan warisan, olahraga dan rekreasi, pesiar, belanja dan kuliner serta spa dan kesehatan. 

 

“Salah satu kekhasan yang dimiliki sektor ekonomi kreatif Indonesia adalah pemanfaatan pengetahuan lokal dan kearifan lokal serta heritage yang dimiliki masyarakat Indonesia serta digabungkan dengan teknologi untuk menghasilkan produk baru yang memiliki nilai lebih, seperti film, musik, busana, kerajinan tangan, desain, arsitektur, kesenian, dan kuliner," papar politisi Partai Demokrat itu.

 

Putu menyampaikan, Kementerian Pariwisata mencatat devisa yang disumbangkan dari sektor pariwisata Indonesia tahun 2018 tembus 19,29 miliar dollar AS. Sementara kontribusi ekraf terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) semakin meningkat. Produk Domestik Bruto ekraf pada tahun 2018 meningkat mencapai Rp 1.102 triliun. Sejalan dengan hal tersebut, sambung Putu, BKSAP DPR RI berkepentingan dalam mempromosikan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam kancah global dan nasional. 

 

“Untuk itu, penting untuk membuat kegiatan BKSAP Day sebagai forum publik yang menyerap aspirasi pemangku kepentingan terutama tentang diplomasi parlemen dalam mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif dan memperkenalkan peran BKSAP dalam melakukan diplomasi parlemen guna mencapai kepentingan nasional di kancah global," ujar legislator daerah pemilihan (dapil) Bali itu.

 

Putu juga mengatakan, BKSAP Day dihelat untuk mendiseminasikan kegiatan-kegiatan, peran dan fungsi BKSAP dalam menjalankan tugas diplomasi parlemen kepada khalayak umum, terutama para civitas akademika dan generasi  muda. “BKSAP Day ini juga bertujuan untuk menyerap aspirasi dari civitas academica tentang diplomasi parlemen, terutama dalam mendukung sektor industri pariwisata dan ekraf yang diemban oleh BKSAP DPR RI di masa yang akan datang," terang Putu.

 

Selain itu, lanjut Anggota Komisi VI DPR RI itu, kegiatan ini untuk mendorong peningkatan partisipasi civitas academica dalam memahami kepentingan Indonesia di forum internasional dan untuk membangun sinergi dan kerja sama dengan kalangan civitas academica dan dalam mendukung pengembangan konsep diplomasi parlemen. “BKSAP Day juga bertujuan untuk menyerap praktik cerdas dari kalangan civitas academica terkait diplomasi parlemen dalam mendukung pariwisata dan ekraf,” pungkasnya. (soe/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BKSAP DPR - Parlemen Tiongkok Komitmen Kawal Keberagaman
05-12-2019 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan BKSAP dan Parlemen Tiongkok berkomitmen untuk...
DPR Tingkatkan Kerja Sama ‘People To People’ Dengan Ethiopia
04-12-2019 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani menerima kunjungan Ethiopian Ambassador to Indonesia Admasu Tsegaye, dalam...
Parlemen dan Pemerintah Jadi Ujung Tombak Diplomasi
04-12-2019 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengatakan Parlemen merupakan salah satu unsur penting dalam menjalankan...
Diplomasi yang Dilakukan Eksekutif Belum Maksimal
03-12-2019 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Tohir menilai bahwa diplomasi yang dilakukan oleh pemerintah...