BKSAP Sosialisasikan Keunggulan Diplomasi Parlemen di Kampus Unila

03-12-2019 / B.K.S.A.P.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera saat menjadi Keynote di kegiatan  'BKSAP Day' di Universitas Lampung (Unila), Kota Bandar Lampung. Foto : Devi/mr

 

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menggelar kegiatan  'BKSAP Day' di Universitas Lampung (Unila), Kota Bandar Lampung  guna mensosialisasikan keunggulan dan urgensi diplomasi parlemen dalam kerangka menjaga kepentingan bangsa dan negara. Salah satu tujuan utama dari diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk mengajak civitas akademika dan pemuda untuk berdiskusi mengenal dan memahami lebih dalam akan peran diplomasi parlemen yang dilakukan oleh BKSAP DPR RI.

 

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera selaku ketua tim kunjungan kerja mengatakan secara prinsip, diplomasi DPR RI selaras dengan kebijakan luar negeri pemerintah dan turut memberikan dukungan penuh kepada pemerintah dalam menjaga kepentingan nasional. "Diplomasi DPR RI memiliki kelebihan dibandingkan diplomasi pemerintah, di mana diplomasi yang dilakukan lebih fleksibel dan tidak kaku," ujar Mardani disela-sela kegiatan kunjungan kerjanya di Kampus Unila, Provinsi Lampung, Selasa (3/12/2019).

 

Sebagai contoh, sambung legislator Fraksi PKS itu, pada forum Sidang Umum ke-38 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), forum parlemen negara-negara ASEAN, pada September 2017 lalu di Manila, Filipina, Delegasi DPR RI secara leluasa mengajukan sebuah draf resolusi yang mengecam kekerasan militer Myanmar terhadap etnis Rohingya. 

 

"Draf tersebut ditolak keras delegasi parlemen Myanmar. Draf itu akhirnya menemui kebuntuan dan DPR melakukan aksi walk out. Situasi tersebut sangat sulit terjadi di forum ASEAN sebagai forum eksekutif,” tegas dia. 

 

Terkait kegiatan diskusi yang mengenalkan sepak terjang  BKSAP DPR RI dalam fungsi diplomasi parlemen, Mardani menyampaikan, masih banyak masyarakat kita yang belum mengetahui secara jelas akan fungsi diplomasi parlemen yang dilakukan BKSAP, selain dari fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan yang sudah lebih dikenal.

 

"Tujuan Program 'BKSAP Day' sendiri dimaksudkan untuk mensosialisasikan dan mendialogkan secara konstruktif terkait peran diplomasi parlemen kepada civitas akademika dan mahasiswa selaku generasi penerus bangsa, dimana BKSAP sebagai focal point-nya. BKSAP adalah Alat Kelengkapan Dewan yang bertanggungjawab terhadap diplomasi DPR," jelasnya.

 

Kegiatan ini juga menyoroti tantangan regional dan global yang sudah semakin kompleks. “Isu pelanggaran HAM, demokratisasi, kejahatan terorganisasi secara regional dan global, terorisme, ketimpangan dan kemiskinan, dan isu lainnya tidak lagi sebagai isu global tapi juga menjadi perhatian masalah dalam negeri kita. Sebaliknya, isu dalam negeri kita akan menjadi isu regional dan global. Dalam konteks inilah total diplomacy diperlukan dengan melibatkan semua elemen kekuatan bangsa (multi-track diplomacy) termasuk parlemen,” terang Mardani. 

 

Kegiatan acara 'BKSAP Day' yang diselenggarakan atas kerjasama BKSAP DPR RI dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Lampung tersebut diikuti oleh para civitas akademika dan mahasiswa Fisip Unila, serta sejumlah tamu undangan. Selain Mardani Ali Sera, hadir pula Wakil Ketua BKSAP DPR RI Achmad Hafisz Tohir sebagai pembicara lainnya.  (dep/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BKSAP DPR - Parlemen Tiongkok Komitmen Kawal Keberagaman
05-12-2019 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan BKSAP dan Parlemen Tiongkok berkomitmen untuk...
DPR Tingkatkan Kerja Sama ‘People To People’ Dengan Ethiopia
04-12-2019 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani menerima kunjungan Ethiopian Ambassador to Indonesia Admasu Tsegaye, dalam...
Parlemen dan Pemerintah Jadi Ujung Tombak Diplomasi
04-12-2019 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengatakan Parlemen merupakan salah satu unsur penting dalam menjalankan...
Diplomasi yang Dilakukan Eksekutif Belum Maksimal
03-12-2019 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Tohir menilai bahwa diplomasi yang dilakukan oleh pemerintah...