DPR Harus Hasilkan UU Berkualitas

13-12-2019 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto : Geraldi/mr

 

Sebagai lembaga legislatif, DPR RI tidak saja menjadi parlemen modern, namun diharapkan menjadi penghasil undang-undang (UU) berkualitas. UU yang dihasilkannya juga harus betul-betul bermanfaat bagi rakyat. 

 

Inilah harapan yang disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani saat menggelar acara silaturahmi dengan para jurnalis yang tergabung dalam Wartawan Koordinatoriat DPR RI di Jakarta, Jumat (13/12/2019). "Visi misi Pimpinan DPR bagaimana parlemen itu bermartabat, lebih maju, dan lembaga penghasil UU yang berkualitas," harap Puan.

 

Hadir pula dalam acara yang digelar di kawasan Ancol, Jakarta itu, beberapa anggota DPR lainnya, seperti Riezky Aprilia, Arteria Dahlan, Putra Nababan, Arief Wibowo, dan Junimart Girsang. Soal produk legislasi, Puan menekankan agar semua RUU yang akan dibahas tidak saja berkualitas, tapi juga pro rakyat, bermanfaat untuk rakyat, dan bisa diselesaikan tepat waktu.

 

"Setiap komisi memprioritaskan hanya maksimal dua UU," tandasnya, singkat. Pada bagian lain, politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan bahwa di gedung DPR sudah banyak perubahan yang terlihat. Misalnya, botol-botol plastik tidak digunakan lagi dalam penyajian konsumsi di ruang-ruang rapat. Bahkan, ada beberapa bunga yang terpasang sebagai psnghias, seperti terlihat di lobi Nusantara III, komplek parlemen. Senayan.

 

"Ini bukan karena Ketua DPR-nya perempuan, jadi banyak bunga. Tapi kami ingin DPR ke depan lebih nyaman, lebih tertib, dan lebih teratur," ucapnya di hadapapan para jurnalis parlemen. Sementara mengomentari pertemuannya dengan para jurnalis ini, mantan Menteri Koordinator Bidang Pembanguan Manusia dan Kebudayaan itu, mengatakan, ini merupakan pertemuan perdana sejak dilantik menjadi Ketua DPR.

 

"Ini pertemuan silaturahmi pertama kali setelah kami dilantik tanggal 1 Oktober. Karena kesibukan, baru sekarang saya bisa mengundang rekan-rekan semua untuk makan bersama, bersilaturahmi bersama, setelah hampir dua bulan kami dilantik," aku Puan. (mh/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Resmi Terima Perppu Keuangan Negara untuk Penanganan Covid-19
02-04-2020 / PIMPINAN
DPR RI resmi menerima Surat Presiden (Surpres) untuk Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan...
DPR Ingatkan Pemerintah Tidak Berutang Kepada Pinjaman Luar Negeri
31-03-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku khawatir terhadap ketersediaan anggaran negara untuk menanggulangi...
Akhiri Reses, DPR Fokus Penanganan dan Dampak Covid-19
30-03-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani akan memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III tahun Sidang 2019-2020, pada Senin...
DPR Akan Gelar Rapat Paripurna Pekan Depan
27-03-2020 / PIMPINAN
DPR RI memutuskan tidak memperpanjang Masa Reses Persidangan II dan akan menggelar Rapat Paripurna dimulainya Masa Persidangan III, pada Senin...